Ada Workshop Membatik di Festival Betawi

Beberapa pengurus museum tampak mempratikkan cara membatik dengan sejumlah perlengkapan yang mereka bawa.

Ada Workshop Membatik di Festival Betawi
Warta Kota/Rangga Baskoro
Diharapkan, dengan dibukanya gerai Dekranasda Jakarta Pusat bisa meningkatkan minat para pengrajin batik untuk juga memroduksi batik khas Betawi. 

FESTIVAL Betawi yang digelar Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta menggelar Festival Betawi di Smesco Indonesia, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan pada Kamis (31/5) menyuguhkan sejumlah hal menarik.

Pengunjung Festival Betawi didominasi oleh perempuan dari seluruh wilayah DKI Jakarta. Mereka memborong barang-barang yang dijual, mulai fesyen, batu alam, batik betawi maupun jajanan khas betawi.

"Mumpung ada di sini. Biasanya susah nyarinya kalau pas pengin," kata Novita yang membeli dua buah Bir Pletok di salah satu tenant.

Di antara puluhan tenant, terlihat satu pemandangan menarik yakni gerai milik Museum Tekstil. Beberapa pengurus museum tampak mempratikkan cara membatik dengan sejumlah perlengkapan yang mereka bawa.

"Kami sengaja workshop di sini sebagai ajang promosi batik. Kami juga undang memperbolehkan pengunjung belajar membatik langsung di sini. Tentunya kami ajari," kata Dimas seorang guide Museum Tekstil kepada Warta Kota.

Sylvia (26), seorang pengunjung yang mencoba menorehkan motif di selembar kain dengan canting, mengaku mendapatkan pengalaman baru.

"Selama ini cuma tahu batik yang sudah jadi. Di sini bisa lihat langsung proses kreatifnya bahkan iseng mencoba. Asyik juga kok," katanya semringah.

Ketua Dekranasda DKI Jakarta Fery Farhati mengatakan, acara tersebut menjadi ajang promosi karya para perajin asal Jakarta sehingga usaha yang dijalankannya bisa tumbuh berkembang bahkan maju.

"Selain memperkenalkan budaya betawi, kami ingin tunjukkan hasil karya perajin supaya ada interaksi antara perajin dan masyarakat," ujar Fery ditemui di sela acara.

Istri Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan ini menambahkan, selama ini banyak masyarakat yang mengeluh sulitnya nendapatkan kuliner khas betawi.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved