Tidak Hanya Olahraga, Asian Games 2018 sebagai Peristiwa Budaya dan Teknologi

Misalnya pada atraksi pembukaan, penutupan, serta pada proses pembangunan infrastruktur arenanya.

Tidak Hanya Olahraga, Asian Games 2018 sebagai Peristiwa Budaya dan Teknologi
Istimewa
PT Sarinah (Persero) yang menyediakan berbagai suvenir resmi Asian Games, seperti t-shirt, boneka trio maskot, gantungan kunci, dan lain-lain. 

WARTA KOTA, PALMERAH---Asian Games 2018, selain sebagai pesta olahraga terbesar Asia yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus–2 September 2018, juga berlangsung berbagai peristiwa budaya dan teknologi.

"Misalnya pada atraksi pembukaan, penutupan, serta pada proses pembangunan infrastruktur arenanya,” kata Eko Sulistyo, Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan dalam diskusi ‘Ikon-Ikon Infrastruktur Asian Games’ di Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Rabu (30/5/2018).

Baca: Pelaku Usaha Cindera Mata Asian Games 2018 Terbentur Waktu Produksi Mepet

Pada diskusi ini, arsitek dan sejarawan, Yuke Ardhiani, memaparkan beberapa proyek mercusuar yang tercatat sebagai simbol nation pride era Soekarno dan menjadi ikon, seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan.

Yuke mengatakan, gagasan arsitektural Soekarno terkait bentuk Gelora Bung Karno (GBK) Senayan sebagai arena Asian Games 1962 yang ikonik.

Baca: Koreografer Madonna Dilibatkan dalam Upacara Pembukaan Asian Games 2018

“Kepada tim arsitek, Presiden Jokowi menegaskan perlu adanya kebaharuan di kawasan GBK. Kini, kawasan cagar budaya yang berpusat pada Sang Monumen ini telah ditetapkan selaku arena utama, sebagai pusat pancaran energi baru dan pemberi semangat ke segenap penjuru Benua Asia dengan Palembang sebagai venue pendampingnya,” kata Yuke dalam keterangan tertulis, Rabu malam.

Sedangkan Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Sri Hartoyo, mengatakan, kesiapan arena dan non-arena Asian Games sudah mencapai 90 persen.

“Untuk Jakarta, 25 arena selesai dan delapan venues dalam proses penyelesaian. Sementara di Sumatera Selatan, 11 arena selesai dan dua masih berlangsung,” kata Sri Hartoyo.

Baca: Mau Nonton Asian Games? Masyarakat Akan Difasilitasi Transportasi

Secara keseluruhan, sampai dengan pertengahan Mei ini pekerjaan telah selesai 95 persen dan akan selesai seluruhnya pada akhir Juni 2018.

Khusus Jawa Barat, ada 10 arena yang masih dikerjakan karena keputusan pekerjaannya baru akhir tahun lalu, di antaranya Stadion Jalak Harupat Bandung, Patriot Bekasi, Pakansari Bogor, Wibawa Mukti Cikarang, Lapangan Sabuga ITB, arena kano di Majalengka serta paragliding di Pasir Sumbul, Puncak.

“Seluruh arena yang sedang dalam pengerjaan akan selesai akhir Juni ini,” kata Sri Hartoyo.

Baca: Perluasan Area Nomor Ganjil-Genap Hanya Berlaku Selama Asian Games 2018

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Ekonomi dan Investasi Transportasi Kementerian Perhubungan, Wihana Kirana Jaya, mengatakan, ada kebanggaan tersendiri dalam persiapan infrastruktur Asian Games.

“LRT (kereta layang ringan) yang digunakan di Palembang menjadi kebanggaan tersendiri karena dihasilkan oleh PT INKA,” kata Wihana.

Penulis: Aloysius Sunu D
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help