Koran Warta Kota

Diplomasi Budaya Gaya Baru

Tidak hanya menanti diva dunia datang ke Indonesia, penggemar musik di negeri ini juga sedang menanti hadirnya pemusik Yanni (63).

Diplomasi Budaya Gaya Baru
Warta Kota

TIDAK hanya menanti diva dunia datang ke Indonesia, penggemar musik di negeri ini juga sedang menanti hadirnya pemusik dan komponis dunia Yanni (63).

Musisi asal Yunani bernama asli Giannis Chrysomallis itu dijadwalkan akan beraksi sebagai bintang panggung Prambanan Orchestra yang digelar di Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta, 20 Oktober 2018.

Prambanan Orchestra merupakan sajian live orkestra yang digarap promotor PT Taman Wisata Candi (TWC) dan Rajawali Indonesia Communication, yang ditampilkan didepan kemegahan candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun di abad ke-9 masehi itu.

“Yanni telah mengonfirmasi penampilan di Candi Prambanan,” kata Anas Syahrul Alimi, chief executive officer (CEO) Rajawali Indonesia Communication, Selasa (29/5/2018) malam.

Menariknya, Yanni dikenal sebagai musisi yang biasa konser di venue-venue heritage di dunia.

Tercatat Yanni pernah menggelar konser di banyak tempat bersejarah, antara lain Taj Mahal di India, Forbidden City di Tiongkok, Kremlin di Rusia, Kastil El Morro di Puerto Rico, Kota Kuno Byblos di Lebanon dan Roman Theatre of Carthage di Tunisia.

Yanni, lanjut Anas, juga pernah beraksi di Burj Khalifa di Uni Emirat Arab, The Acropolis di Yunani, Piramid di Mesir hingga Colloseum di Roma, Italia.

Bahkan, di salah satu album Yanni berjudul Live at Acropolis dinobatkan sebagai album terlaris di dunia nomor dua setelah album Thriller milik mendiang Raja Pop Michael Jackson.

Album Live at Acropolis terjual sebanyak 7 juta copy di seluruh dunia dan menjadi salah satu siaran paling populer dari PBS dengan jumlah penonton hingga 500 juta orang di 65 negara.

“Konser di situs-situs sejarah tersebut merupakan konser pertama yang diperbolehkan digelar dan sejauh ini hanya Yanni yang boleh konser di tempat tersebut,” jelas Anas.

Hal tersebut terjadi karena konsep bermusik Yanni, One World, One Human, mampu menyampaikan bahasa universal melalui musiknya yang sublim, magis dan indah.

Di Prambanan Orchestra, Yanni akan memboyong 58 musisi orkestra yang berasal dari berbagai negara.

Instrumen yang digunakan juga dari beragam etnik dan mampu menciptakan harmoni lagu eksotik dan menginspirasi. (kin)

Penulis: Heribertus Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved