Angkernya Terowongan Kereta di Jawa

Asyiknya perjalanan menggunakan kereta di Jawa dapat dirasakan antara lain saat memasuki terowongan yang sebagian kerap disebut angker.

Angkernya Terowongan Kereta di Jawa
Kompas.com/GREGORIUS MAGNUS FINESSO
Kereta Api Sawunggalih saat hendak melintasi Terowongan Ijo yang terletak di Desa Bumi Agung, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, pekan lalu. Terowongan sepanjang 580 meter tersebut rencananya akan ditinggalkan dan diganti terowongan baru di sebelah utara untuk menampung dua jalur kereta api dalam pembangunan jalur ganda (double track) KA lintas selatan antara Kroya (Cilacap) dan Kutoarjo (Purworejo).

MUDIK Lebaran segera datang. Ke mana Anda mudik tahun ini?

Jika tujuan mudik Anda di kawasan Pulau Jawa dan menggunakan kereta api, Anda akan melewati beberapa terowongan.

Nah, terowongan apa saja yang dilintasi jalur kereta api di Pulau Jawa?

Terowongan Sasaksaat

Jika melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bandung dan sebaliknya menggunakan layanan kereta api, Anda akan melewati sebuah terowongan panjang bernama Terowongan Sasaksaat.

Perjalanan kereta yang melalui terowongan ini antara lain KA Serayu dan KA Argo Parahyangan. Terowongan sepanjang 949 meter ini terletak di Desa Sumurbandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat dan termasuk dalam wilayah DAOP II Bandung.

 Terowongan Sasaksaat dibangun pada tahun 1902–1903 dan pembangunannya telah memakan banyak korban pekerja pada waktu itu.

Mengutip harian Kompas, 16 Agustus 2002, Terowongan Sasaksaat merupakan tulang punggung transportasi Jakarta-Bandung yang berada di daerah patahan atau sesar minor.

Terowongan Kebasen, Notog, dan Ijo

Anda akan melintasi tiga terowongan jika melakukan perjalanan dari Jakarta-Surabaya dan sebaliknya melalui jalur selatan.

Halaman
1234
Editor: Max Agung Pribadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved