Baju Gamis Masih Jadi Tren Lebaran Tahun Ini

Model kaftan sudah tergerus dengan gamis. Alasannya selain sudah tidak tren lagi juga karena sedikit repot.

Baju Gamis Masih Jadi Tren Lebaran Tahun Ini
Dokumentasi Warta Kota
Ilustrasi baju gamis. 

WARTA KOTA, TEBET---Bila tahun-tahun sebelumnya kaftan mendominasi untuk digunakan saat Lebaran, kini kaftan mulai ditinggalkan.

Kini dress atau gamis yang simpel lebih disukai konsumen. Sementara kerudung, kembali ke kerudung segi empat, yang sebelumnya model pasmina mendominasi.

Kerudung polos juga mulai berkurang berganti dengan kerudung motif printing dengan gambar kembang, kotak-kotak, atau simetris.

Baca: Gamis Jodha Akbar Jadi Tren di Pasar Tanah Abang

"Tren lebaran tahun ini, masih di situ-situ saja. Kalau warna, pakai warna putih, dan pastel tetap mendominasi, tapi makin kesini, konsumen yang menyukai warna bold juga makin ada," kata desainer Vivi Zubedi yang ditemui saat acara Hijup Ramadhan Festival di Kota Kasablanka Mall, Sabtu (25/5/2018).

Menurut Vivi, konsumen Indonesia kebanyakan masih banyak yang suka ikut-ikutan.

"Teman pakai warna pastel, jadi ikut-ikutan. Akhirnya desainer pun mengikuti selera konsumen jadi ikut-ikutan dominasi pastel semua," kata Vivi.

Baca: Anak Korban Kebakaran Merengek Karena Baju Lebarannya Ludes Terbakar

Mengenai model, Vivi mengatakan, model kaftan sudah tergerus dengan gamis. Alasannya selain sudah tidak tren lagi juga karena sedikit repot.

Kaftan harus menggunakan manset lagi. Sementara penggunaan manset sudah mulai ditinggalkan.

"Potongan kaftan kan seperti daster, jadi harus pakai manset. Desainer lokal lalu inovatif bikin kaftan muslim tapi ya jadinya ujung-ujungnya gamis," kata Vivi.

Hampir sama dikemukakan desainer merangkap CEO Hijab, Diajeng Lestari.

Menurut Diajeng, saat ini, tren Lebaran lebih luas disesuaikan dengan segmen masing-masing.

Walaupun dress atau gamis cukup mendominasi untuk busana Muslim kali ini. Dari warna juga masih didominasi warna yang ringan.

Baca: Warna Pastel Bisa Jadi Inspirasi Baju Lebaran Anda

"Kalau dulu benar-benar pastel sekarang ini tetap pastel tapi lebih kuat. Main warnanya lebih seru. Kalaupun masih didominasi warna earth tapi lebih kuat," kata Diajeng.

Mengenai potongannya juga walaupun ada detail flowy tapi tetap simpel. Ada detail seperti baju dengan dua potongan tapi sebenernya itu dress satu potong. Bisa juga dress dengan outer (luaran) padahal tidak.

"Saat ini desainer lokal makin kreatif. Apalagi inspirasi desainer kita banyak. Dari budaya dan kain-kain tradisional," kata Diajeng.

Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved