Mengobati Kerinduan Diaspora dan Promosikan Seni Budaya Indonesia di Korea Selatan

Kali ini para pekerja seni Indonesia akan unjuk kebolehan untuk memperkenalkan musik Indonesia di Negeri Ginseng tersebut.

Mengobati Kerinduan Diaspora dan Promosikan Seni Budaya Indonesia di Korea Selatan
Istimewa
Panitia I-KO menjelaskan rencana acara bertajuk 'I-KO Carnival 2018' yang akan berlangsung di Olympic Stadium Gym Arena, Seoul, Kore Selatan, pada 7-8 Juli 2018. 

WARTA KOTA, PALMERAH----Selama ini K-Pop begitu gencar masuk Indonesia, misalnya melalui konser musik boyband, girlband, hingga festival musik.

Nah, kali ini para pekerja seni Indonesia akan unjuk kebolehan untuk memperkenalkan musik Indonesia di Negeri Ginseng tersebut.

Mereka akan dalam sebuah acara bertajuk 'I-KO Carnival 2018' yang akan berlangsung di Olympic Stadium Gym Arena, Seoul, Kore Selatan, pada 7-8 Juli 2018.

Baca: Diaspora Indonesia akan Gelar Kongres Ke-4, Bahas 30-an Program Nyata

"Acara ini merupakan konser kolaborasi antara dua budaya yang mewakili dangdut dan pop Indonesia dengan musik K-Pop dari Korea," kata Trias Fajar, Event Director I-KO Carnival 2018 saat jumpa media beberapa waktu lalu.

Trias mengatakan, ide untuk menyelenggarakan I-KO Carnival 2018 muncul setelah melihat banyaknya diaspora Indonesia yang tinggal di Korea.

Rasa rindu mereka akan Tanah Air membuat mereka sering mengadakan kegiatan kegiatan seni dan budaya dalam bentuk pertunjukan, temu ramah antarkomunitas dan paguyuban antar daerah, bazar, dan melakukan kegiatan amal untuk daerah-daerah di Indonesia.

Baca: Buka Kongres Diaspora Indonesia, Barack Obama: Selamat Pagi!

"Acara ini bertujuan untuk diaspora Indonesia'>melepas kerinduan para diaspora Indonesia akan kebudayaan Tanah Air," kata Trias.

Selain diaspora Indonesia, acara ini juga menargetkan dapat menarik perhatian para warga Korea Selatan khususnya yang tinggal di Seoul.

"Dengan begitu acara ini juga dapat menjadi sarana untuk mempromosikan Indonesia dalam berbagai hal terutama di bidang kebudayaan dan tradisi di Korea Selatan," kata Trias.

Sederet penyanyi pop dan dangdut Indonesia akan diboyong ke Korea Selatan, di antaranya Once Mekel, Husein Idol, Fitri Carlina, Nabila Gomez, Ratu Meta, Lilin Herlina, Balena, dan Susi Julia KDI.

Baca: Potensi Diaspora Indonesia

Sementara itu, sejumlah artis Korea yang turut memeriahkan event ini, antara lain Eru, A-Daily, Sha Sha, Kim Malkum, dan Danbi.

"Acara ini terselenggara berdasarkan riset. Kami lebih dulu bertemu dengan para diaspora, dari paguyuban di sana, kami tanya siapa artis yang menurut mereka paling ditunggu kedatangannya. Dari situ kami mendapat nama-nama yang ada saat ini," kata Trias.

Trias mengatakan, saat ini ada sekitar 40.000 diaspora di Korea, yang terbagi dalam 32 paguyuban dan komunitas diaspora.

Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help