Penyelundupan Narkoba

Begini Cara Pelaku Selundupkan Narkoba dalam Kotak kardus

Penyimpanan narkoba ini dengan cara menyembunyikannya di dinding kardus paket barang kiriman.

Begini Cara Pelaku Selundupkan Narkoba dalam Kotak kardus
Warta Kota/Hamdi Putra
Konferensi pers kasus narkotika jenis Katinon, ekstasi, dan sabu,yang diungkap BNN dan Bea Cukai, di Auditorium Sabang Kantor Pusat Bea Cukai, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (28/5/2018). 

WARTA KOTA, RAWAMANGUN--- Pengiriman narkoba jenis ekstasi dan sabu memakai jasa kurir atau paket pos mulai marak dilakukan para pelaku narkoba.

Deputi Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN), Inspektur Jenderal Polisi Arman Depari mengatakan, pengiriman lewat jalur laut ketat pengawasan sehingga kerap digagalkan petugas.

Oleh karena itu, pelaku narkoba mengubah strategi dengan memakai jasa kurir atau paket pos.

"Ini juga diantisipasi oleh para sindikat. Oleh karena itu mereka mengubah strateginya dengan mengirimkan ke Indonesia dalam jumlah yang dipecah-pecah dari suatu tempat menuju beberapa wilayah di Indonesia," kata Arman Depari.

Baca: VIDEO: Narkoba Jenis Daun Khat Diungkap BNN

Dia mengungkapkannya saat konferensi pers di Auditorium Sabang Kantor Pusat Bea Cukai, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (28/5/2018).

Paket narkotika itu lebih dulu ditujukan ke Jakarta. Kemudian, paket dikirim ke daerah-daerah lainnya seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Baca: Empat Paket Katinon Dikirim dari Ethiopia oleh Perempuan WNI yang Tinggal di Malaysia

Pil ekstasi, kata Arman Depari, berasal dari Eropa Barat, Belgia. Kemudian, paket narkoba itu dikirim ke Bogor, Bekasi, dan Jakarta.

Untuk mengelabui petugas, modus yang dilakukan pelaku yakni menggunakan false compartment. Penyimpanan narkoba ini dengan cara menyembunyikannya  di dinding kardus paket barang kiriman.

Di dalam paket disertakan juga barang-barang lain seperti sandal dan sepatu.

Sebelumnya, BNN bekerjasama dengan Bea Cukai mengungkap jaringan penyelundupan 68 kilogram narkotika jenis katinon dan 15.487 butir pil ekstasi.

Dari kasus tersebut, petugas menangkap 11 orang pelaku yang kini berstatus tersangka. Satu di antara pelaku berjenis kelamin perempuan.

Penulis: Hamdi Putra
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help