Koran Warta Kota

Polisi Bekasi Bentuk Satgas Antihoaks

Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kota membentuk satuan tugas (satgas) antihoaks atau kabar palsu.

Polisi Bekasi Bentuk Satgas Antihoaks
Kompas.com
Ilustrasi polisi siaga. 

KEPOLISIAN Resor Metropolitan Bekasi Kota membentuk satuan tugas (satgas) antihoaks atau kabar palsu.

Pembentukan satgas ini dilatarbelakangi oleh beredarnya surat yang mengatasnamakan sejumlah gereja untuk membela salah satu pasangan calon wali kota Bekasi.

"Satgas khusus sudah kita terjunkan (Jumat 25/5) tadi malam dengan dibantu Polda Metro Jaya, dan sampai saat ini mereka belum pulang. Mudah-mudahan pelaku bisa segera ditangkap," kata Kapolrestro Bekasi Kota Komisaris Besar Indarto di kantornya, Jalan Pramuka Nomor 9, Bekasi Selatan, Sabtu (26/5).

Indarto menyatakan, surat tersebut merupakan kabar palsu alias hoaks.

"Berita itu tidak benar dan jelas bermaksud memecah belah bangsa, khususnya mengacaukan kedamaian Kota Bekasi jelang Pilkada," katanya.

Indarto menegaskan, polisi bakal menjerat pelaku dengan hukuman yang maksimal, sebab penyebaran surat edaran tersebut bisa memecah belah bangsa.

"Saya imbau kepada masyarakat kalau melihat berita, tolong dicermati pakai logika apakah berita itu benar atau tidak," ujarnya.

Indarto mengingatkan, masyarakat harus bijaksana setiap menggunakan media sosial ataupun mengemukakan pendapatnya.

Jangan sampai, pernyataannya bisa menimbulkan kegaduhan karena bisa berujung pada ranah pidana yakni ujaran kebencian atau UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Penjabat Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah mendukung upaya polisi dalam membentuk satgas guna menangkap pelaku penyebaran kabar palsu itu.

Halaman
123
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help