Home »

News

» Jakarta

Orangtua Jangan Bangga Anaknya Belum Cukup Umur Bisa Naik Motor

Ketrampilan dalam berkendara menjadi faktor penting bagi pesepeda motor saat berkendara di jalan raya.

Orangtua Jangan Bangga Anaknya Belum Cukup Umur Bisa Naik Motor
Istimewa
Ilustrasi edukasi safety riding. 

WARTA KOTA, PALMERAH----Ketrampilan dalam berkendara menjadi faktor penting bagi pesepeda motor saat berkendara di jalan raya.

"Seringnya terjadi kecelakaan yang utama karena kurangnya ketrampilan berkendara, karena selama ini kebanyakan berkendara sepeda motor bisa karena otodidak. Padahal semua itu ada aturannya yang harus dipahami," kata Siswanto, Instruktur Safety Riding Promotion Wahana Makmur Sejati (WMS), baru-baru ini.

Baca: Kunjungi SMK Binaan Honda, Jurnalis Belajar Safety Riding Offroad

Siswanto mencontohkan kesalahan paling mendasar saat berkendara dan kerap terjadi adalah saat melakukan pengereman.

"Itu paling dasar sekali. Saat berkendara (jari tangan) tidak boleh standby di tuas rem. Karena tangan ini kadang-kadang kalau ada sesuatu pasti refleks, dan rem depan itu lebih kuat daripada rem belakang," kata Siswanto.

Siswanto mengatakan, cara pengereman yang benar menggunakan empat jari.

"Jadi biarpun refleks paling paling kita berhenti dan tidak akan jatuh. Tapi, kalau dengan satu jari kalau jatuh fatal, karena rem depan pasti tersentak lebih dulu, makanya kalau orang jatuh itu jarang gelosor jauh pasti muter, karena tersentak rem depan," katanya.

Baca: Sebanyak 30.000 Driver Go-Jek Ikuti Program Safety Riding Rifat Sungkar

Siswanto mengatakan, karena fungsi rem bukan untuk memberhentikan sepeda motor, tapi hanya untuk memperlambat laju kendaraan.

Dalam kesempatan itu, Siswanto juga berharap peran orangtua untuk membangun kesadaraan pada anak-anaknya yang belum cukup umur untuk tidak berkendara sepeda motor.

"Buat para orangtua jangan malah bangga anaknya belum cukup umur bisa naik sepeda motor. Ada peraturan tentang usia mengendarai sepeda motor. Untuk itu kami mengimbau orangtua agar tidak memberikan kesempatan anaknya mengendarai motor sampai cukup usia," kata Siswanto.

Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help