Home »

News

» Jakarta

Surya Melakukan Bisnis Uang Palsu Sejak Tahun 2017 Lewat Media Sosial

Pelaku menjual hasil karyanya tersebut melalui Facebook dan situs jual beli online.

Surya Melakukan Bisnis Uang Palsu Sejak Tahun 2017 Lewat Media Sosial
Istimewa
Ilustrasi bisnis uang palsu memanfaatkan media sosial. 

PELAKU pembuatan dan pemalsuan serta pengedaran uang palsu, Surya Adnan (31) sudah melakukan aksinya sejak pertengahan tahun 2017 silam.

Selama itu pula, uang hasil penipuannya tersebut digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP Faruk Rozi mengatakan, pelaku menjual hasil karyanya tersebut melalui Facebook dan situs jual beli online.

Pembeli mendapatkan uang palsu itu lebih banyak dari harga aslinya.

“Misalnya, saya beli satu juta, dapatnya tiga juta. Satu banding tiga kan? Dia ngasihnya Rp 3 juta uang palsu dan sudah sejak Juni 2017 sampai sekarang. Konsumennya nggak tentu, tiap hari, tergantung, misalkan orang yang beli,” katanya, Jumat (25/5/2018).

Faruk mengaku tidak dapar memastikan berapa hasil penjualan uang palsu tersebut. Pasalnya hasil aksi kejahatan pelaku tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari.

“Tidak bisa dirinci secara detail karena kan habis untuk kebutuhan hidup. Bukan tiap hari ada yang beli. Kalau ada permintaan aja baru dia produksi,” katanya.

Uang palsu produksi pelaku sendiri dapat diketahui secara kasat mata. Hanya saja Faruk tifak bisa menjelaskan secara detil perihal teknis cara mengetahui uang palsu yang diproduksi pelaku tersebut.

“Kelihatan banget palsu, itu yang tahu BI. Kasat mata langsung kelihatan, kalau pengen tahu detail itu BI. Uangnya juga sudah menyebar kemana-mana sejak Juli,” ujarnya.

Sekadar informasi Polres Pelabuhan Tanjung Priok menangkap Surya Adnan (31) terkait praktik membuat dan mengedarkan uang palsu. Pelaku beraksi menggunakan modus menawarkan uang palsu tersebut melalui situs online.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help