Surya Belajar Palsukan Uang dari YouTube

KEMAMPUAN Surya Adnan (31) membuat uang palsu dipelajari pria asal Lampung secara otodidak.

Surya Belajar Palsukan Uang dari YouTube
WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
Aparat Polres Pelabuhan Tanjung Priok menangkap Surya Adnan (31), pembuat dan pengedar uang palsu. 

KEMAMPUAN Surya Adnan (31) membuat uang palsu dipelajari pria asal Lampung secara otodidak. Surya belajar teknik pembuatan uang palsu hanya dengan melihatnya melalui YouTube.

“Dia belajar itu otodidak, dari YouTube dia coba-coba,” ungkap Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP Faruk Rozi,” ungkapnya, Jumat (25/5).

Faruk menambahkan aksi kejahatan Surya sudah dilakukan sejak pertengahan tahun 2017 silam. Selama itu pula pelaku mencetak uang palsu dengan berbagai pecahan mulai dari Rp 5 ribu, Rp 10 ribu hingga Rp 100 ribu.

Sebelum akhirnya berhasil ditangkap, terlebih dahulu Polisi mencoba melakukan transaksi secara langsung di kawasan Plumpang, Koja, Jakarta Utara. Setelahnya petugas berhasil menangkap pelaku di Malang, Jawa Timur.

“Kita melakukan patroli cyber untuk mempelajari alamat pengirim, lalu kita telusuri ke rumah tersangka di Malang. Kita tangkap, kita geledah rumahnya, kita amankan. Kalau Plumpang itu alamat pengiriman pemesan, ngirimnya dari Malang,” ucapnya.

Sekadar informasi Polres Pelabuhan Tanjung Priok menangkap Surya Adnan (31) terkait praktik membuat dan mengedarkan uang palsu. Pelaku beraksi menggunakan modus menawarkan uang palsu tersebut melalui situs online. 

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help