Hanung Bramantyo Bangun Kerajaan di Desa Demi Bumi Manusia

Buku sastra best seller karya Pramoedya Ananta Toer yang bertajuk Bumi Manusia dikaryakan menjadi sebuah film layar lebar.

Hanung Bramantyo Bangun Kerajaan di Desa Demi Bumi Manusia
Warta Kota/Arie Puji Waluyo
Sebuah benteng berdiri di atas lahan seluas 2,5 hektare di Desa Gamplong, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Di lahan itu dijadikan studio untuk syuting film Bumi Manusia. 

WARTA KOTA, YOGYAKARTA---Buku sastra best seller karya Pramoedya Ananta Toer yang bertajuk Bumi Manusia yang diterbitkan oleh penerbit Hasta Mitra di tahun 1980-an itu dikaryakan menjadi sebuah film layar lebar.

Bumi Manusia dikaryakan menjadi sebuah film layar lebar oleh rumah Produks Falcon Pictures dengan menggaet sutradara kondang Hanung Bramantyo (42).

Baca: Sutradara Hanung Bramantyo Malah Minta Istrinya Berhenti Akting

Meskipun baru akan syuting pada akhir Juli hingga Agustus 2018, Falcon Pictures merilis karyanya itu di Desa Gamplong, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Kamis (24/5/2018). Di desa itu menjadi lokasi syuting film itu.

Sebelum merilis, produser Falcon Pictures, Frederica bersama dengan Hanung, mengajak awak media berkeliling lokasi syuting dengan set Kota Kranggan, Surabaya, yang tampak terlihat layaknya Kerajaan Jawa.

Baca: Hanung Bramantyo Minta Zaskia Adya Mecca Berhenti Berakting dan Mulai Berkarier Menjadi Produser

"Ini lokasi syuting memang mimpi saya. Ketika saya belajar membuat film, saya bermimpi membangun sebuah studio, dan alhamdulillah menjadi kenyataan," kata Hanung Bramantyo sebelum memutari lokasi syuting.

"Studio ini menjadi lokasi syuting film Bumi Manusia nantinya. Dengan set tahun 1908 Kota Kranggan, Surabaya, Jawa Timur," katanya.

Baca: Soal Aktris Asal Cantik, Hanung Bramantyo Minta Maaf ke Ibunya

Hanung mengatakan, dengan tanah seluas 2,5 hektare itu, ia membangun sebuah studio untuk tempat syuting.

"Jadi ini kerja sama dengan Desa Gamplong, bersapa kepala desa. Kami diberikan tanah seluas ini untuk dibuat studio. Jadi hasil kerja sama ini, saya bangun studio yang nantinya bisa digunakan menjadi lokasi syuting film lain dan juga tempat wisata di sini," kata Hanung.

Kemudian Hanung bersama Frederika mengajak awak media memutari studionya itu.

Baca: Hanung Bramantyo Sebut Kaki Jupe Bengkak karena Pembuluh Darahnya Tersumbat

Terlihat sebuah replika Benteng Batavia yang berdiri tegak di atas tanah itu.

Halaman
123
Penulis: Arie Puji Waluyo
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved