Tangerang Raih Penghargaan Program Jaminan Kesehatan Nasional

Kota Tangerang masuk dalam Kabupaten Kota penerima Penghargaan Sebagai Pendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat.

Tangerang Raih Penghargaan Program Jaminan Kesehatan Nasional
Warta Kota/Andika Panduwinata
Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Cahyo Kumolo memberikan apresiasi kepada 4 Provinsi dan 120 Kabupaten serta Kota yang telah mendukung program JKN-KIS sebagai program strategis Nasional dalam mewujudkan Universal Health Coverage (UHC). 

KOTA Tangerang masuk dalam Kabupaten Kota penerima Penghargaan Sebagai Pendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo memberikan apresiasi kepada 4 Provinsi dan 120 Kabupaten serta Kota yang telah mendukung program JKN-KIS sebagai program strategis Nasional dalam mewujudkan Universal Health Coverage (UHC).

Acara tersebut berlangsung pada Rabu (23/5/2018) malam di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengutarakan bahwa pemberian penghargaan UHC ini dinilai dapat menularkan semangat menuju cakupan kesehatan semesta pada Pemerintah Daerah Lainnya, untuk bekerja sama dengan BPJS kesehatan dan mewujudkan terciptanya masyarakat Indonesia yang madani dan berkeadilan sosial serta merupakan wujud sikap gotong royong yang harus terus di pupuk dan pertahankan sebagai filsafat kehidupan berbangsa Indonesia.

Baca: Sandiaga Perintahkan Lurah dan Camat untuk Atasi Warga yang Tarawih di JPO

"Pemimpin terbaik yang saat ini dipilih oleh rakyat, baik Gubernur, Bupati atau Wali Kota pasti akan memberikan yang terbaik kepada rakyatnya. Termasuk dalam memberikan jaminan dan pelayanan kesehatan di daerahnya masing-masing," ujar Fachmi.

Dalam UU Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan di mana setiap orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh akses atau sumber daya di bidang kesehatan dan memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu dan terjangkau.

Dalam kontribusi tersebut Pemerintah Kota Tangerang membentuk jaminan pembiayaan kesehatan bagi masyarakat miskin dan rentan dengan PROGRAM MULTIGUNA pada tahun 2008 hingga tahun 2015.

Pada Bulan Februari Tahun 2016, Program Multiguna berintegrasi dengan Jaminan Kesehatan Nasional.

Dengan sasaran hanya masyarakat yang miskin dan tidak mampu yang didaftarakan oleh Pemerintah Kota Tangerang ke BPJS Kesehatan sekitar 18.318 jiwa.

Hingga Bulan April 2018 jumlah kepesertaannya sudah mencapai 256.217 jiwa.

Kepesertaan penduduk yang didaftarkan oleh pemerintah Kota adalah 15 persen dari Jumlah penduduk 1,667,661 Kota Tangerang dengan capaian angka 95 persen.

Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Tangerang, M Yusuf menuturkan rasa bangganya terhadap kinerja beberapa Dinas terkait dengan pencapaian Program UHC ini.

"Saya bangga, dan sangat mengapresiasi program ini. Semoga tingkat kesejahteraan masyarakat Kota Tangerang semakin meningkat," kata Yusuf.

Seperti diketahui pelaksanaan Universal Health Coverage dilaksanakan dengan membayarkan iuran Jaminan Kesehatan ke BPJS Kesehatan untuk pembayaran iuran di kelas III bagi masyarakat dengan identitas kependudukan Kota Tangerang yang belum memiliki Jaminan Kesehatan dan belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dari Pemerintah Pusat dan Provinsi. (dik)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved