Babak Baru Semenanjung Korea

Minggu Depan, Jadi Tidaknya Pertemuan Donald Trump-Kim Jong Un

"Untuk pertemuan di Singapura, saya merasa besar kemungkinan bakal terjadi. Namun, kami akan melihat perkembangannya."

Minggu Depan, Jadi Tidaknya Pertemuan Donald Trump-Kim Jong Un
express.co.uk
PRESIDEN AS Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong Un. 

PRESIDEN Amerijka Serikat (AS) Donald Trump bakal memutuskan pertemuannya dengan Korea Utara (Korut) pekan depan. Dalam konferensi pers di Gedung Putih, Trump menyampaikan dia bakal menunggu perkembangan pertemuan dengan Pemimpin Korut Kim Jong un.

"Untuk pertemuan di Singapura, saya merasa besar kemungkinan bakal terjadi. Namun, kami akan melihat perkembangannya," kata Trump seperti dilansir AFP Rabu (23/5/2018).

Baca: AS Siap Bantu Ekonomi Korut, Asal Kim Jong Un Lakukan Ini

"Semua bakal diputuskan pekan depan. Jika terjadi, saya rasa pertemuan ini akan memberi dampak bagus kepada Korut," lanjut presiden 71 tahun tersebut.

Dalam kicauan di Twitternya 10 Mei lalu, Trump mengonfirmasi bakal bertemu dengan Kim di Singapura pada 12 Juni mendatang. Namun, kepastian pertemuan tersebut berada dalam kondisi tidak pasti setelah Pyongyang mengancam bakal membatalkannya.

Dalam laporan media mereka KCNA, mereka tidak bisa menerima penjelasan Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton. Saat itu, Bolton berkata kalau model denuklirisasi seperti yang terjadi di Libya sangat cocok jika diterapkan di Korut.

Baca: Meliput Penutupan Lokasi Nuklir Korut, Jurnalis Asing Harus Bayar Rp 142 Juta

Wakil Menteri Luar Negeri Korut, Kim Kye Gwan, menyebut tidak elok jika membandingkan kapasitas nuklir kedua negara. Libya, kata Kim, baru saja memulai program nuklir mereka. Berbeda dengan Korut yang mengklaim telah menjadi negara pemilik senjata nuklir.

Selain itu, Korut juga geram lantaran AS menggelar latihan militer gabungan dengan Korea Selatan (Korsel) dua pekan lalu.

Latihan dengan sandi "2018 Max Thunder" tersebut melibatkan 100 pesawat tempur dari AS dan Korsel. Termasuk pesawat pembom B-52. (Ardi Priyatno Utomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kepastian Pertemuan Trump-Kim Jong Un Ditentukan Pekan Depan"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help