Teroris Serang Gereja di Surabaya

Warga Muslim Ikut Hadiri Misa Arwah Korban Bom Bunuh Diri di Gereja Santa Maria Tak Bercela

Gereja Santa Maria Tak Bercela (SMTB), Ngagel, Surabaya, Jawa Timur, dipenuhi jemaat pada Rabu (23/5/2018) sejak pukul 10.30 WIB.

Warga Muslim Ikut Hadiri Misa Arwah Korban Bom Bunuh Diri di Gereja Santa Maria Tak Bercela
TRIBUNJATIM.COM/SYAMSUL ARIFIN
Misa arwah untuk mendiang Aloysius Bayu Rendra Wardhana di Gereja Santa Maria Tak Bercela, Ngagel, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (23/5/2018). 

GEREJA Santa Maria Tak Bercela (SMTB), Ngagel, Surabaya, Jawa Timur, dipenuhi jemaat pada Rabu (23/5/2018) sejak pukul 10.30 WIB.

Bukan untuk beribadah, ratusan orang ini datang untuk memberi penghormatan pada mendiang Aloysius Bayu Rendra Wardhana, sosok heroik yang wafat demi menghentikan pelaku bom bunuh diri di gereja tersebut, Minggu (13/5/2018) lalu.

Jenazah Bayu diberangkatkan dari rumah duka di Gubeng Kertajaya, dikawal oleh patwal dan sejumlah simpatisan warga menuju Gereja SMTB. Setibanya di SMTB, para jemaat turut menyambut jenazah sambil membawa lilin.

Baca: Rusak Akibat Ledakan Bom Bunuh Diri, Polisi Identifikasi Jenazah Bayu Pakai Tes DNA

Tidak hanya dari Umat Katolik, warga muslim pun ikut berpartisipasi dalam upacara penghormatan tersebut. Sebelum memasuki gereja, keluarga almarhum menangis memeluk jemaat yang menyambutnya.

Tak pelak, suasana tersebut membuat jemaat lainnya merasakan duka atas kepergian sang martir. Tak berapa lama, misa requiem alias misa arwah dimulai, para jemaat terlihat khusyuk mendoakan jenazah.

“Usai upacara langsung ke pemakaman Keputih,” ujar salah satu tim keamanan pemakaman Bayu.

Baca: Proses Identifikasi Jenazah Bayu Lama karena Ada Permintaan Khusus Ini dari Keluarga

Bagian luar gereja pun tak kalah ramai. Puluhan kendaraan baik motor, mobil, hingga bus yang turut mengantarkan peziarah, berjejer rapi di sini.

Hal ini turut mengundang perhatian warga sekitar yang ingin melihat suasana upacara penghormatan ini, sehingga sempat menimbulkan kemacetan di depan gereja. (Syamsul Arifin)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help