Jatuhnya Kekuasaan Soeharto

Saat Meresmikan Patung Arjuna Wijaya, Soeharto Menceritakan Perang Bharatayudha

Terciptalah sebuah patung yang menggambarkan seorang tua yang mengendarai sebuah kereta dan seorang anak muda yang memegang busur dan anak panah.

Saat Meresmikan Patung Arjuna Wijaya, Soeharto Menceritakan Perang Bharatayudha
Istimewa
Patung Arjuna Wijaya 

PRESIDEN Soeharto telah mengukir perjalanan di republik ini. Saat memimpin bangsa ini ada plus minusnya. Untuk mengenang siapa sosok Soeharto, ikuti kesaksian atau pengakuan sahabat dekatnya R Soeprapto.

Mantan Gubernur Jakarta, kariernya dimulai dari militer. Tahun 1982 dia menjadi Gubernur DKI Jakarta selama satu periode.

Sebelum menjabat sebagai gubernur, Soeprapto menjadi Sekretaris Jenderal Depdagri. Dengan pengalaman kepemimpinannya, ia menangani berbagai masalah di Jakarta yang begitu complicated.

Ia memulai kepemimpinannya dengan mengajukan konsep yang pragmatis dan bersih tentang pembangunan Jakarta sebagai ibu kota dan juga wacananya mengenai sebuah kota besar.

Ia menekankan konsepnya dalam wacana stabilitas, keamanan, dan ketertiban. Apa saja konsep yang diajukan R Soeprapto kepada Soeharto'>Presiden Soeharto ketika itu?

Berikut penuturannya seperti yang tertuang dalam buku “Di Antara Para Sahabat: Pak Harto 70 Tahun” (Jakarta: PT Citra Kharisma Bunda, 2009), hal 778-784.

***

SAYA mengenal Bapak Harto di Semarang pada tahun 1950-an. Pada waktu itu Pak Harto telah menjadi Panglima Kodam VII/Diponegoro, dan saya sebagai anggota Kodam Diponegoro di Semarang.

Kami sama-sama dari PETA, tetapi baru di Semarang itulah awal perkenalan saya dengan beliau.

Keakraban hubungan menjadi bertambah besar melalui jalur Ibu Tien dan isteri saya. 
Sebagai isteri panglima, Ibu Tien menjadi penasihat Persit (Persatuan IsteriTentara), sedangkan isteri saya, waktu itu, menjadi ketua Pengurus Daerah Persit Kodam Diponegoro.

Halaman
1234
Penulis: Achmad Subechi
Editor: Achmad Subechi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help