Lurah Krukut Dirikan Gang Hijau di Pemukiman Padat Penduduk

Lurah Krukut Agus Setiawan tengah sibuk menjadikan lingkungannya jadi hijau, indah, serta nyaman bagi warganya.

Lurah Krukut Dirikan Gang Hijau di Pemukiman Padat Penduduk
Warta Kota/Panji Baskhara Ramahan
Lurah Krukut, Agus Setiawan. 

AGUS Setiawan selaku Lurah Krukut, Tamansari, Jakarta Barat, kali ini tengah sibuk untuk menjadikan lingkungannya jadi lingkungan yang hijau, indah serta nyaman bagi warganya.

Upaya yang dilakukannya yaitu membuat gang hijau di setiap RW.

"Saya ingin di lingkungan Kelurahan Krukut kali ini jadi sebuah percontohan positif. Salah satu upaya yaitu membuat gang hijau. Gang hijau di Kelurahan Krukut ini sudah, sebelum Kampung warna-warni. Sejak 2017 lalu. Ide membuatkan gang hijau di pemukiman padat penduduk, dari kreatifitas para personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan para masyarakat," katanya pada Senin (21/5/2018).

Lurah Krukut, Agus Setiawan.
Lurah Krukut, Agus Setiawan. (Warta Kota/Panji Baskhara Ramahan)

Menurut Agus, para masyarakat dan sejumlah personel PPSU terbilang kreatif di bidang seni menggambar.

"Jiwa seni menggambar sepertinya ada dalam diri mereka. Bakat itu, dapat dimanfaatkan lagi menjadi hal yang positif. Kebanyakan personel PPSU dsn warga patungan beli cat dan alhasil terbentuk lah sebutan gang hujau. Saya malah turut menyumbang beberapa kaleng cat, yang kemudian sama-sama membentui konsep kala itu," jelasnya.

Agus menerangkan, setelah berembuk bentuk konsep dengan masyarakat dan PPSU, dilanjut menjalani konsep itu dengan berikan sejumlah warga yang cukup nyentrik disetiap lingkungan warga.

"Yaitu mengambari mural di jalan lingkungan dan tembok rumah warga. Seperti piramid, dan zebra cross, dan pelangi, tumbuhan dan masih banyak lagi. Kemampuan warga menggambar didapat dengan otodidak, media sosial bahkan jadi acuan juga buat belajar. Tak disangka, ide gang hijau ini sesuai yang diharapkan," terang Agus kembali.

Gang hijau pun kini tersebar di sejumlah lokasi baik di Jalan Kerajinan, di Jalan Kebahagian, di Jalan Kehutamaan Dalam, di Jalan Talib, Jalan Ketapang, Jalan Keselamatan, Jalan Kejayaan, Jalan Krukut Lio, dan Jalan Zainal Arifin. Untuk perawatan, dilakukan oleh warga setempat.

"Untuk memaksimal perawatan, petugas PPSU dilibatkan. Tiap hari pengontrolan lapangan itu dilakukan. Melalui PPSU jadi tahu kondisi yang terjadi di lapangan. Diketahui, dari delapan RW di Krukut, lima diantaranya telah terdapat gang hijau. Jadi tinggal tiga rw saja. Walaupun lima rw tersebut, Gang hijau belum ada di setiap RT ya," ujarnya. (BAS)

Lurah Krukut, Agus Setiawan.
Lurah Krukut, Agus Setiawan. (Warta Kota/Panji Baskhara Ramahan)
Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved