ITF Sunter

ITF Sunter Kelola 25 Persen Sampah Jakarta Jadi 35 MW Energi Listrik

“Ini menciptakan suatu efisiensi bahwa 2.200 ton sampah atau 25 persen sampah di Jakarta akan dikonversi menjadi 35 MW..."

ITF Sunter Kelola 25 Persen Sampah Jakarta Jadi 35 MW Energi Listrik
Istimewa
WAKIL Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meresmikan pencanangan pembangunan fasilitas pengolahan sampah dalam kota atau Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (20/5/2018). 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meresmikan pencanangan pembangunan fasilitas pengolahan sampah dalam kota atau Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (20/5/2018).

Sandi mengungkapkan ITF Sunter hadir dengan teknologi pengolahan sampah menjadi energi pertama dan terbesar dengan standar yang sangat tinggi. Sementara kapasitas ITF Sunter dapat mengolah 2.200 ton sampah setiap harinya.

“Jadi ini 25 persen dari seluruh sampah yang dihasilkan di Jakarta (setiap harinya). Tolong kita berikan tepuk tangan kepada kita semua untuk membuat ini semua terjadi. Saya harap 25 persen (sampah bisa diolah),” ucap Sandi.

Baca: Sandi Resmikan Pengolahan Sampah Dalam Kota atau ITF Sunter

Menurut Sandi, setidaknya ada 7.100 ton sampah yang dihasilkan warga Jakarta setiap harinya. Sehingga masalah klasik tumpukan sampah di Jakarta selama ini, mendapatkan solusi dan titik terang.

“Ini menciptakan suatu efisiensi bahwa 2.200 ton sampah atau 25 persen sampah di Jakarta akan dikonversi menajdi 35 MW. Kita berharap ini akan menjadi momentum lebih banyak industri ‘sampah menjadi energi’ lintas Jakarta dan lintas Indonesia,” katanya.

Baca: Sandiaga Uno Ingin Fasilitas ITF Sunter Hasilkan 7.000 Lapangan Pekerjaan

Fasilitas yang dibangun Pemprov DKI Jakarta melalui PT Jakarta Propertindo (Jakpro) bekerjasama dengan perusahaan asal Finlandia, Fortum itu diharapkan mengubah Jakarta dalam pengelolaan sampah.

“Nah ini insya Allah akan menjadi lembaran baru dari pengolahan sampah kedepan sehingga sampah insya Allah akan lebih bersih, ekonominya bergerak dan akan menciptakan begitu banyak peluang lapangan kerja untuk warga Jakarta,” ucapnya. 

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved