Cyber Crime

Diserang Hacker, Anggota DPRD Kota Bekasi Minta Pemda Lapor Polisi

Harus diantisipasi dengan melapor ke polisi bila banyak konten negatif yang dilakukan hacker. Upaya ini dilakukan untuk memberi efek jera mereka.

Diserang Hacker, Anggota DPRD Kota Bekasi Minta Pemda Lapor Polisi
Istimewa
ILUSTRASI Hacker 

WARTA KOTA, BEKASI---Legislator Kota Bekasi meminta pemerintah daerah setempat agar berkoordinasi dengan kepolisian -untuk mengusut peretas (hacker) yang berusaha membobol situs pemerintahan.

Pelaporan itu harus dilakukan untuk memberi efek jera kepada para hacker.

Anggota Komisi I DPRD Kota Bekasi, Syaheralayalli mengatakan, pemerintah daerah harus melapor ke polisi jika bermunculan konten negatif akibat ulah hacker.

Menurut dia, jika konten negatif terhadap pemerintah itu dibiarkan, akan berdampak buruk terhadap citra pemerintah.

"Harus diantisipasi dengan melapor ke polisi bila banyak konten negatif yang dilakukan hacker. Upaya ini dilakukan untuk memberi efek jera mereka," kata Syaheralayalli, Minggu (20/5/2018).

Baca: Hampir Setiap Hari Website Kota Bekasi Berusaha Dibobol Hacker

Pria yang akrab disapa Ral ini tidak memungkiri bahwa  pasti ada kelemahan baik teknologi  maupun kemampuan sumber daya manusia (SDM) pemerintah setempat.

Oleh karena itu, untuk  menghindari upaya peretas, pemerintah harus rutin memperbarui sistem dan memperkuat dinding pelindung (firewall) informatika.

Selain itu, kemampuan SDM Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bekasi yang menangani firewall juga harus ditingkatkan.

Cara untuk peningkatan kemampuan SDM juga beragam, salah satunya mengadakan pendidikan dan pelatihan (diklat) oleh lembaga yang memiliki kompetensi di bidang Teknologi dan Informasi.

"Itulah salah satu upaya preventif guna mengantisipasi serangan hacker," ucap Syaheralayalli. 

--

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved