Uskup Paskalis: Pembangunan Iman Butuh Perjuangan

Mgr Paskalis Bruno Syukur menegaskan, pembangunan iman harus terus diperjuangkan.

Uskup Paskalis: Pembangunan Iman Butuh Perjuangan
Warta Kota/Rusna Djanur Buana
Juara dunia bulutangkis Hariyanto Arbi berpasangan dengan Uskup Bogor Mgr Paskalis Bruno Syukur dalam pertandingan eksibisi Liga Badminton Gereja St Paulus Depok di GOR Depok. 

MONSIGNEUR Paskalis Bruno Syukur menegaskan pembangunan iman harus terus diperjuangkan.

Sama halnya dengan olahraga, pembangunan iman membutuhkan energi dan daya juang.

Hal tersebut disampaikan monsigneur atau uskup saat membuka Liga Badminton Gereja St Paulus Depok, di GOR Ratujaya Depok, Sabtu (19/5/2018).

Turnamen bulutangkis se-Keuskupan Bogor tersebut diikuti oleh peserta dari paroki se-Keuskupan Bogor.

Mantan juara dunia Hariyanto Arbi hadir dan melakukan pertandingan eksebisi perpasangan dengan uskup versus Romo Paroki Paulus Depok, Romo Goris Alferinus Gregorius Pontus, OFM yang berpasangan dengan Ketua Panitia Nobertus Danun.

"Senang bisa berpasangan dengan salah satu masternya bulutangkis Indonesia Hariyanto Arbi. Tema yang diangkat pun sangat pas, Fight Donation Throught Solidarity. Tapi perjuangan bukan hanya sebatas olahraga, atau mencari dana, melainkan juga pada pembangunan iman, terlebih di masa-masa penuh tantangan seperti saat ini. Seperti yang dikatakan Santo Paulus bahwa pembangunan iman itu seperti olahraga, butuh perjuangan, pengorbanan, dan konsistensi. Sportivias juga diperlukan dalam kehidupan sehari-hari," tutur uskup.

Sementara itu Danun menjelaskan, turnamen tersebut merupakan bagian dari kegiatan penggalangan dana pembangunan Gedung Paroki Gereja St Paulus Depok. Menurutnya diperlukan solidaritas dan dukungan umat untuk mewujudkan gedung tersebut.

"Turnamen ini hanya salah satu cara membangun kepedulian umat. Diperlukan kebersamaan, solidaritas, dan kepedulian antarparoki untuk mewujudkan pembangunan tersebut. Kegiatan ini sekaligus untuk mempererat rasa persaudaraan. Saat ini, kami yang butuh dukungan, di saat lain mungkin paroki lain yang membutuhkan dukungan. Mudah-mudahan solidaritas ini selalu tetap terjaga," kata Danun.

Liga bulutangkis Liga Badminton Gereja St Paulus Depok.
Liga bulutangkis Liga Badminton Gereja St Paulus Depok. (Warta Kota/Rusna Djanur Buana)

Sementara itu Romo Goris mengaku gembira dengan solidaritas yang ditunjukkan oleh paroki lain dengan mengirim atletnya. Dia juga mengucapkan terimakasih atas dukungan Hariyanto Arbi dalam kegiatan tersebut.

"Masih dibutuhkan dana sekitar Rp 800 juta untuk menyelesaikan fisik pembangunan Gedung Pastoral. Saya optimistis bisa selesai tepat waktu, seperti yang direncanakan," ujarnya.

Untuk mewujudkan pembangunan gedung pastoral tersebut, tim penggalangan dana melakukan beberapa kegiatan. Sebelumnya tim menggelar turnamen golf di Sentul Bogor.

Penulis: Rusna Djanur Buana
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved