Koran Warta Kota

Uang Rp 87 Miliar Diangkut Pakai Troli

KORUPTOR dana BLBI Samadikun Hartono membayar uang pengganti kerugian negara yang dikorupsinya sebanyak Rp 87 miliar kepada negara.

Uang Rp 87 Miliar Diangkut Pakai Troli
Warta Kota

KORUPTOR dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Samadikun Hartono membayar uang pengganti kerugian negara yang dikorupsinya sebanyak Rp 87 miliar kepada negara melalui jaksa eksekutor.

Uang puluhan miliar tersebut diangkut dengan satu troli saat hendak dibawa masuk ke dalam tempat penyimpanan Plaza Bank Mandiri Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (17/5).

Samadikun yang tengah menjalani hukuman di Lapas Salemba Jakarta Pusat membayarkan uang pengganti kerugian negara tersebut melalui transfer yang dilakukan oleh tim penasihat hukumnya ke Bank Mandiri sebagai rujukan penyetoran uang pengganti jaksa eksekutor.

Jaksa eksekutor yang diwakili oleh Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Tony Spontana bersama perwakilan Bank Mandiri, Wakil Direktur Utama Sulaiman Arif Arianto, menunjukkan barang bukti uang pengganti Rp 87 miliar tersebut di Gedung Plaza Mandiri.

Baca: Aliansi Mahasiswa Desak KPK Usut Kasus BLBI

Tumpukan uang tersebut terdiri dari pecahan Rp 100.000 yang dikemas dalam bal plastik. Ada 87 bal uang yang ditumpuk di atas dua meja dan ditunjukkan kepada awak media.

Setelah memberikan keterangan, tumpukan uang berjumlah Rp 87 miliar tersebut diangkut kembali ke dalam Bank Mandiri dengan sebuah troli.

Dua petugas bank berseragam wearpack warna biru menarik troli berisi tumpukan uang Rp 87 miliar setinggi 1,5 meter itu.

Seorang petugas keamanan internal bank menyampaikan ikut membantu mendorong tumpukan uang tersebut karena beratnya beban troli tersebut.

Bukan jual aset

Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Tony Spontana menjelaskan, penyetoran uang Rp 87 miliar dari pihak terpidana kasus BLBI Samadikun Hartono ini adalah bagian dari pelunasan pembayaran uang pengganti atas putusan perkaranya dengan total Rp 169.472.960.461.

Halaman
12
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved