Home »

News

» Jakarta

Sunnah Berkumur Usai Minum Susu Dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan DKI

SUNNAH Nabi Muhammad tentang berkumur usai meminum susu dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Koesmedi Priharto.

Sunnah Berkumur Usai Minum Susu Dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan DKI
Warta Kota/mohammad yusuf
Koesmedi Priharto, Kepala Dinas Kesehatan DKI 

SUNNAH Nabi Muhammad tentang berkumur usai meminum susu dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Koesmedi Priharto.

Mantan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan itu menyebut berkumur dapat melarutkan susu yang tertinggal pada rongga mulut maupun gigi.

Sebab, susu yang menempel pada gigi dijelaskannya dapat memicu terciptanya karang gigi hingga karies.

Berdasarkan artikel dalam Wikipedia, karies termasuk dalam infeksi yang menyebabkan kerusakan gigi, mulai dari berlubang, penanggalan gigi hingga kematian.

"Kalsium menempel di gigi dibilas dengan kumur air putih biar tidak menempel di gigi. Karena kalau banyak yang nempel dapat menjadi karang gigi atau karies," ungkap dr. Koesmedi Priharto, SpOT, M.Kes, FICS, FAFOA.

"Berkumur setelah minum susu bagus, tapi jangan pas puasa ya," tutupnya bercanda.

Seperti diketahui sebelumnya, Bulan Ramadan mewajibkan umat muslim untuk berpuasa sekaligus menunaikan ibadah wajib maupun sunnah. Tetapi tahu kah anda jika berkumur usai meminum susu adalah sunnah.

Akun twitter @Dompet_Dhuafa memaparkan jawabannya. Dalam postingannya, admin memaparkan jika berkumur usai mengkonsumsi susu merupakan kebiasaan Rasulullah sejak lama. Dalam sabdanya, Rasulullah meminta seluruh umatnya untuk membaca sepenggal ayat usai meminum susu.

"Sahabat, begitu banyak sunnah Rasulullah yang sering kita abaikan mungkin salah satu nya yakni berkumur setelah minum susu. Tahukah bahwa berkumur stlh minum susu itu sunnah?. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 'Jika minum susu maka ucapkanlah, Allahumma barik lana fihi wa zidna minhu'," tulis admin @Dompet_Duafa pada beberapa waktu lalu.

Ayat tersebut berarti 'Ya Allah berkahilah kami pada susu ini dan tambahkanlah untuk kami lebih dari itu. Karena tidak ada makanan dan minuman yang setara dengan susu', (HR. Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman (5957), dinilai hasan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Jami' (381). Selain itu, Rasulullah bersabda, 'Apabila kalian minum susu maka berkumur-kumurlah, karena sesungguhnya susu meninggalkan rasa masam pada mulut' (HR. Ibnu Majah no.499).

"Dr. Iftavhul'ain menyatakan bahwa di dalam susu terdapat kandungan zat kapur (Ca) yang cukup tinggi. Timbunan zat ini dapat menyebabkan pembentukan karang gigi yang dapat mengakibatkan gusi mudah berdarah dan infeksi," tulis admin menjelaskan.

Selain itu, susu disebutkan juga mengandung protein yang dapat menjadi media yang baik untuk pertumbuhan bakteri bila tertimbun di rongga mulut atau celah gigi. "Nah, baru tahu kan Sahabat ? Yuk kita biasakan berkumur setelah minum susu krn selain sehat itu juga sunnah," tutup admin mengakhiri kultwit.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help