Eksklusif Warta Kota

Pandji Pragiwaksono Ngga Minder Gelar Tur Dunia Pakai Bahasa Indonesia

Manggung di Frankfurt, Jerman, ada mahasiswa Polandia yang bisa Bahasa Indonesia. Di Afrika Selatan pun, ada yang bisa Bahasa Indonesia...

Pandji Pragiwaksono Ngga Minder Gelar Tur Dunia Pakai Bahasa Indonesia
Warta Kota/Arie Puji Waluyo
PANDJI Pragiwaksono saat berkunjung ke Redaksi Warta Kota di Palmerah, Jakarta, Jumat (18/5/2018). 

KESUKSESAN aktor, penyiar, presenter, penulis Pandji Pragiwaksono (38) di dunia stand up comedy akan dibuatkan sebuah konser tawa yang mengangkat kehidupan pribadinya sejak kecil hingga saat ini.

Dalam konser yang bertajuk 'Pragiwaksono World Tour 2018' ini, Pandji akan mengangkat sebuah cerita tentang dirinya dari kecil hingga berpolitik.

Meski membuat tur dunia dalam karir stand up comedy-annya, Pandji menegaskan akan menggunakan bahasa Indonesia, dalam materi yang akan ia bacakan dan meyakini, akan menghibur penonton yang ada di seluruh dunia, dari 10 Kota dari berbagai negara yang akan ia gelar Pragiwaksono World Tour 2018.

"Kalau konsep masih sama aja. Paling improvisasi saat melihat di situ. Kalau bahasa, yah bahasa Indonesia. Karena saya selalu bilang pertunjukan ini bukan untuk orang Indonesia, tapi orang yang bisa berbahasa Indonesia," kata Pandji Pragiwaksono ketika mengunjungi Kantor Redaksi Warta Kota, Palmerah, Jakarta, Jumat (15/5/2018).

Sebelum Pragiwaksono Tour, Pandji sempat menggelar tur keliling dunia, dengan menuju 24 Kota di seluruh dunia, termasuk lima kota yang ada di Indonesia.

"Di seluruh dunia, ada aja 10-15 persen penonton, orang lokal yang bisa bahasa Indonesia. Di Munchen, Jerman ada orang yang bisa Bahasa Indonesia. Saya pernah manggung di Frankfurt, Jerman ada mahasiswa Polandia yang bisa Bahasa Indonesia," ucapnya.

"Manggung di Malbourne, ada orang Korea Selatan yang lahir di Bandung sampai SMP. Di Afrika Selatan, ada yang bisa Bahasa Indonesia karena bapaknya orang batak," tambahnya.

Meskipun menentukan bahasa Indonesia dalam tur dunianya kali ini ada yang tidak sepaham dengannya, Pandji pun tetap yakin menggunakan Bahasa Indonesia untuk turnya saat ini.

"Ada orang yang bilang dan nanya, kalau pakai bahasa Indonesia bukan tur dunia dong. Saya tanya, kenapa kalau pakai bahasa Indonesia bukan tur dunia? Orang itu bilang berarti yang nonton orang Indonesia aja. Saya kasih lihat videonya orang-orang pada bisa nonton nih. Dia bilang bahasa Inggris lebih internasional," jelasnya.

"Terus saya tanya, artis Korea lagi keliling dunia, mereka pakai bahasa inggris? Dia bilang yah pakai bahasa korea. Saya bilang, kenapa ngga kita bikin karya semakin bagusnya sehingga orang luar jadi belajar Bahasa Indonesia. Dari pada kita belajar Bahasa Korea demi nonton Drama Korea," lanjutnya.

Tidak Minder

Pandji menegaskan dirinya sama sekali tidak minder menggunakan Bahasa Indonesia dalam Konser 'Pragiwaksono World Tour 2018' nya, dikarenakan pengalamannya yang di mana masyarakat dunia, sangat senang dengan Bahasa Indonesia.

"Memang bahasa Indonesia salahnya dimana? Kenapa minder sama bahasa sendiri. Pas dikasih lihat videonya, mereka semua pada kaget. Kok ternyata orang sana bisa bahasa Indonesia. Memang banyak sebenarnya, makanya kita jangan minder sama bahasa Indonesia, bahasa kita. Orang indonesia punya tendensi merendahkan bahasa dan bangsanya sendiri," ungkapnya.

Lanjut Pandji, ia sangat yakin banyak warga dunia yang bisa mengerti bahasa Indonesia, sehingga ia sangat percaya diri menggunakannya dalam tur dunianya saat ini.

"Saya merasa ngga perlu minder sama bahasa Indonesia karena mereka bisa. Paling banyak di Australi, China, dan Belanda. Di luar negeri kebanyakan bahasa Indonesia urutan ke-5 diminati untuk dipelajarin," ujar Pandji Pragiwaksono.

Penulis: Arie Puji Waluyo
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help