Semua Kapolres di Jawa Barat Diperintah Lihat Langsung Jalur Mudik

para kapolres diperintahkan check on the spot apa kekurangan yang ada di jalur mudik," jelasnya di Mapolda Jabar

Semua Kapolres di Jawa Barat Diperintah Lihat Langsung Jalur Mudik
Tribun Bogor
Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto ketika meninjau perbaikan pasca longsor Puncak, Sabtu (17/2/2018). 

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto memerintahkan seluruh kapolres untuk memeriksa jalur mudik di wilayah Jabar. Hal tersebut dilakukan untuk mempersiapkan jalur mudik di Jabar. "Saya tidak mau berbasa-basi. Hanya rakor tapi praktiknya di lapangan tidak dilaksanakan. Maka, setelah rakor, para kapolres diperintahkan check on the spot apa kekurangan yang ada di jalur mudik," jelasnya di Mapolda Jabar, Kamis (17/5/2018).

Persiapan arus mudik ini merupakan tindak lanjut rapat koordinasi lintas sektoral di tingkat pusat pada Senin (14/5/2018). Rapat tersebut diikuti Kapolri, Kemenhub, Pertamina, Kemenkes, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU Pera), dan kementerian atau lembaga terkait lain. Selain itu, nantinya Agung bakal melakukan pengecekan dengan berkeliling di wilayah Jawa Barat.

"Saya nanti selama satu minggu akan keliling Jabar terutama jalur utara dan selatan untuk memastikan bahwa jalur mudik siap digunakan," tuturnya. Baca juga: Pemkab Karawang Pastikan Perbaikan Jalur Mudik Rampung H-10 Lebaran Agung memastikan adanya kepadatan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), apalagi Tol Cipali sudah bisa sampai Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Ia memprediksi sebagian besar masyarakat bakal menggunakan tol Cipali untuk mudik. Meski di satu sisi, tol ini dapat mengurai kemacetan, namun akan menjadi masalah apabila para pemudik berangkat bersama secara serentak. Sementara di jalur selatan, lanjutnya, untuk pelebaran tidak mungkin dilakukan mengingat bersebelahan dengan gunung dan jurang. "Dipastikan terjadi kepadatan di sekitar Nagreg.

Kawasan itu masih manual dalam mengatasi kepadatan karena tidak ada cara lain. Kecuali bisa ditebang hutannya dan gunungnya diratakan agar jalannya dilebarkan. Tapi untuk sekarang kan belum bisa," ujarnya.

Terkait kesiapan infrastruktur, Agung mengatakan bahwa perbaikan sedang dilakukan di Tol Cipularang, Cipali maupun jalur arteri selatan dan utara Pantura. "Harapannya, H-10 sudah beres semua sehingga masyarakat bisa mudik dengan nyaman," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapolda Perintahkan Seluruh Polres Cek Jalur Mudik di Jawa Barat",

Penulis : Kontributor Bandung, Agie Permadi
Editor : Farid Assifa

Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help