PT Transjakarta Bakal Pakai Bus Listrik, Akan Punya 10 Unit Bus

Warga Jakarta sebentar lagi akan dapat menikmati bus listrik. PT MAB akan menjual bus ke PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

PT Transjakarta Bakal Pakai Bus Listrik, Akan Punya 10 Unit Bus
Kontan.co.id/Carolus Agus Waluyo
Ilustrasi bus listrik 

WARTA KOTA, PALMERAH---Warga Jakarta sebentar lagi akan dapat menikmati bus listrik. PT Mobil Anak Bangsa (MAB) akan menjual bus ke PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

Leonard, President Director PT Mobil Anak Bangsa, mengatakan, saat ini MAB sedang mempersiapkan produksi 10 unit bus untuk digunakan oleh Transjakarta.

Baca: 35 SPLU Bakal Dipasang di Area GBK, Tapi Belum Akomodir Bus Listrik

"Dalam beberapa bulan ke depannya, bus sudah bisa kami serahkan kepada Transjakarta untuk dioperasikan di jalur utama," kata Leonard, Kamis (17/5/2018).

Adapun jenis bus yang disiapkan yakni tipe low entry. Bus ini mirip prototipe 2 MAB yang pernah dipamerkan di Kemayoran dan JCC beberapa saat lalu.

Sementara bus listrik ini akan dioperasikan untuk penumpang-penumpang yang ada di halte biasa dan masuk ke jalur halte Transjakarta. Sayangnya nilai jual bus ini belum mau disebutkan.

Baca: Diperintah Jokowi, Sandiaga Berharap Bus Listrik Bisa Hadir di Asian Games 2018

Dari catatan yang ada, bus ini rencananya akan dipasarkan sekitar Rp 3 miliar sampai Rp 4 miliar per unit.

Untuk saat ini, proses produksi bus MAB mulai dari chassis hingga pemasangan karoseri berada di pabrik karoseri New Armada di Magelang, Jawa Tengah.

Sebelumnya, Leonard pernah menjelaskan dari Maret 2017 hingga Maret tahun ini sudah ada dua prototipe yang dimiliki MAB.

Baca: Bus Listrik Siap Gantikan Metromini

Saat ini keduanya sudah dimasukkan dalam proses administrasi uji laik jalan di Kementerian Perhubungan dan juga surat rekomendasi uji tipe ke Kementerian Perindustrian.

Adapun proses penyelesaian dari dua Kementerian tersebut belum diinformasikan lebih lanjut.

Halaman
12
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help