Pencemaran

Kali Karang Bolong Enam Wihara Sudah Satu Dekade Dibiarkan Berbau Busuk

Pernah dicek cuma sampai sekarang belum ada hasilnya. Dugaannya sih dari pabrik cuma belum tahu pastinya.

Kali Karang Bolong Enam Wihara Sudah Satu Dekade Dibiarkan Berbau Busuk
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Kali Karang Bolong Enam Wihara, di sisi Jalan Karang Bolong Raya, Pademangan, Jakarta Utara, menebarkan aroma busuk, Kamis (16/5/2018). Bau tak sedap ini diduga karena pencemaran air kali akibat buangan limbah pabrik. 

WARTA KOTA, PADEMANGAN--- Bau tak sedap dan menyengat tercium dari Kali Karang Bolong Enam Wihara, Pademangan, Jakarta Utara, sepanjang hari.

Kali yang letaknya persis berada di sisi Jakan Karang Bolong Raya, Ancol, bahkan sudah bertahun-tahun menguarkan aroma busuk.

Aroma busuk menusuk hidung itu diduga terkait pencemaran dari limbah pabrik yang dibuang di kali tersebut.

Berdasarkan pantauan Warta Kota di lokasi kali, Rabu (16/5/2018), kondisi air Kali Karang Bolong Enam Wihara sepanjang satu kilometer tersebut terlihat hitam pekat.

Selain bau tidak sedap dan menyengat, ada banyak jentik nyamuk di permukaan air serta lumut hijau tebal di pinggir kali.

Baca: Dua Pabrik yang Disegel karena Pencemaran Kali Bekasi boleh Ajukan Gugatan ke PTUN

Seorang petugas Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Badan Air Jakarta Utara, Andri, mengatakan, aroma busuk tersebut sudah terjadi sejak bertahun-tahun.

"Kurang lebih udah 10 tahun bau kayak gini, pokoknya kayak begini baunya seharian," ucap Andri di lokasi Kali Karang Bolong Enam Wihara, Rabu (16/5/2018).

"Kalau hujan doang kadang berkurang, kalau hujan terus airnya tinggi, nggak bau banget karena kan airnya kebawa," ujarnya lagi.

Andri menduga tercemarnya kali tersebut akibat limbah pabrik yang berada di sekitar lokasi.

Namun, setelah beberapa kali diselidiki, hingga saat ini belum diketahui apa penyebab bau menyengat tersebut.

"Pernah dicek cuma sampai sekarang belum ada hasilnya. Dugaannya sih dari pabrik cuma belum tahu pastinya. Bahkan katanya sudah diselidiki, sudah ditegor tapi sampai sekarang masih aja bau kayak begini," ujarnya.

Baca: Dinas LH Kota Bekasi Tuding Warga Bantaran Sungai di Bogor Jadi Dalang Pencemaran Kali

Salah seorang warga, Agus (25), mengungkapkan, dia selalu mencium bau yang menyengat setiap kali melewati jalan tersebut.

Meski begitu, Agus tidak mengetahui apa penyebab air kali itu berbau tak sedap.

"Parah banget baunya. Setiap saya lewat sini, selalu kayak begini baunya. Mungkin dari limbah pabrik kali ya. Semoga aja bisa segera diatasi, kan kalau kayak begini tentunya mengganggu yah," ujarnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved