Home »

News

» Jakarta

Jual Materai Palsu via Online, Syafuan Diciduk Polisi

Polres Pelabuhan Tanjung Priok mengamankan Syafuan NS di Jalan Gunung Sahari, Pademangan Barat, Jakarta Utara, Rabu (16/5) siang.

Jual Materai Palsu via Online, Syafuan Diciduk Polisi
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono (tengah) didampingi perwakilan Ditjen Pajak Joni Ardianto (kiri), menunjukan barang bukti materai palsu saat rilis di Reskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (20/3/2018). 

POLRESTRO Pelabuhan Tanjung Priok mengamankan seorang pria, Syafuan NS di Jalan Gunung Sahari RT 004/RW 001, Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (16/5/2018) siang.

Syafuan ditangkap karena menjual materai palsu dibawah harga pasaran.

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP Faruk Rozi mengatakan aksi pengungkapan itu berawal setelah pihaknya mencurigai adanya penjualan materai murah di situs jual beli online yang berlokasi di daerah Pademangan.

"Nah setahu kita kan materai itu satu harga se-Indonesia. Kalau jual materai murah itu kan pasti kita curiga. Lalu kita coba beli sekali dan kita cek ke Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) Kantor Pos,” ujarnya, Kamis (17/5/2018).

Baca: Jokowi Diminta Abaikan Usulan Genit Moeldoko untuk Aktifkan Koopssusgab

Setelah melalui pengecekan, Peruri menyatakan bahwa materai itu palsu.

Alhasil Polisi kembali membeli materai tersebut dan kali ini dengan jumlah yang banyak. Namun kali ini transaksi dilakukan secara langsung.

“Kalau yang pertama kita melakukan pengiriman, kali ini kita minta ketemu langsung dengan pembelian dalam jumlah yang banyak. Setelah itu kita langsung amankan pelaku,” ujarnya.

Polisi menyita sejumlah barang bukti dari tangan pelaku seperti 46 lembar materai diduga palsu yang berjumlah 2.300 keping, 1 unit handphone Nokia dan 1 unit motor Yamaha Byson bernopol B 6633 ZCS.

Selanjutnya pelaku dibawa petugas ke Mapolres Pelabuhan Tanjung Priok guna proses penyidikan lebih lanjut kasus tersebut.

“Kami masih melakukan pengembangan terkait adanya pelaku lainnya yang berperan sebagai pencetak materai,” ucapnya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help