Home »

Depok

Aksi Terorisme

IPW: Tiga Wilayah ini Bakal Terus Jadi Sasaran Aksi Teroris Jelang Sidang Aman Abdurrahman

"Bagaimana pun Polri perlu mencermati dan mengantisipasi segala kemungkinan saat sidang Aman Abdurahman digelar.

IPW: Tiga Wilayah ini Bakal Terus Jadi Sasaran Aksi Teroris Jelang Sidang Aman Abdurrahman
TRIBUNJATIM/IST
Kobaran api dari bom bunuh diri di depan GKI Jl Diponegoro, Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5/2018). 

WARTA KOTA, DEPOK--- Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW) Neta S Pane menduga, tiga wilayah di Jabodetabek bakal terus menjadi sasaran aksi teroris.

Ketiga wilayah tersebut yakni Kota Depok, Jakarta Timur, dan Tangerang Selatan (Tangsel).

Oleh karena itu, agar petugas tidak kebobolan lagi, kata Neta S Pane, perlu dilakukan antisipasi maksimal oleh polisi untuk menghadapi manuver jaringan teroris.

"Kami berharap masyarakat juga memberikan support kepada kepolisian yang sedang bekerja keras menumpas pergerakan jaringan teroris ini. Caranya memberikan informasi jika melihat hal-hal mencurigakan," ucap Neta S Pane, Kamis (17/5/2018).

Baca: Teror Bom Surabaya, IPW Nilai Pagar Betis Polisi Bobol

Harapannya, selama Ramadan ini, masyarakat dapat menjalan ibadah puasanya dengan aman dan nyaman.

"Karenanya jajaran kepolisian perlu mendeteksi dini dan mengantisipasi, serta melakukan pagar betis, menjelang sidang tokoh teroris Aman Abdurrahman di PN Jaksel yang rencananya digelar Jumat (18/5/2018--Red) besok," katanya.

"Antisipasi maksimal ini perlu dilakukan agar tidak ada celah bagi teroris untuk melakukan serangan balas dendam saat sidang tokoh JAD tersebut digelar" ucap Neta.

Baca: IPW Ungkap 57 Orang Terduga Teroris Masuk ke Jakarta Usai Kerusuhan Mako Brimob

Menurut Neta, status Siaga 1 dan Siaga yang dikeluarkan Polri sebagai bentuk keseriusan untuk mengantisipasi dan mengamankan situasi terutama di Jabodetabek.

"Wilayah Jabodetabek adalah barometer keamanan di negeri ini, yang perlu benar-benar dijaga kondusivitasnya," katanya.

Neta mengatakan, sidang tuntutan terhadap Aman Abdurahman semula hendak digelar Jumat 11 Mei 2018. Tapi sidang ditunda karena ada kerusuhan di Rutan Cabang Salemba Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.

"Bagaimana pun Polri perlu mencermati dan mengantisipasi segala kemungkinan saat sidang Aman Abdurahman digelar. Mengingat serangan berturut turut di Surabaya kemarin dilakukan teroris jaringan JAD Jawa Timur, dibawah Aman," katanya.

Baca: Terpidana Kasus Terorisme Abu Bakar Baasyir Kecam Aksi Teroris: Apo Kuwi, Ora Bener!

Menurut Neta, Polri sudah bergerak cepat melakukan penggerebekan di berbagai kantong-kantong terorisme. Petugas juga sudah membekuk pelaku yang diduga terkait dalam jaringan teroris.

"Tapi info yang diperoleh IPW mengungkapkan, pergerakan para teroris yang berasal dari jaringan yang semula tidur, masih terjadi," katanya.

Bahkan, kata Neta, pergerakannya kini makin agresif pasca-rentetan teror bom di Surabaya dan Riau, serta menjelang sidang tuntutan Aman Abdurrahman.

"Para teroris itu seakan mendapat support moral pasca-teror bom di Surabaya. Dan sekali lagi sepertinya wilayah Depok, Jakarta Timur dan Tangsel, perlu diantisipasi maksimal oleh polisi," katanya.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help