Tanjung Priok Macet, Pemerintah Kota Jakarta Utara Mencoba Memberikan Solusi

Pemerintah Kota Jakarta Utara bersama unsur terkait lainnya berusaha mencarik solusi terbaik.

Tanjung Priok Macet, Pemerintah Kota Jakarta Utara Mencoba Memberikan Solusi
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Kemacetan yang terjadi di Jalan Yos Sudarso tepatnya di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, menjadi pemandangan yang biasa pada saat sore hingga malam hari. Seperti yang terlihat pada Rabu (16/5/2018). 

WARTA KOTA, CILINCING---Kemacetan yang terjadi di Jalan Yos Sudarso tepatnya di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, menjadi pemandangan yang biasa pada saat sore hingga malam hari.

Mahalnya tarif tol menjadi salah satu biang keladi.

Koordinator Seno Indomobil Logistik, Cecep, mengatakan, kondisi tersebut salah satunya diakibatkan para sopir truk kontainer yang enggan memanfaatkan fasilitas jalan tol.

Baca: Kemacetan di Tanjung Priok, Dilema Mahalnya Tarif Tol Pelabuhan

Pasalnya tarif yang mahal menjadi kendala hingga akhirnya jalan tol terlihat sepi.

Menyikapi kondisi tersebut Pemerintah Kota Jakarta Utara bersama unsur terkait lainnya berusaha mencarik solusi terbaik.

Sehingga secara bertahap, simpul-simpul kemacetan tersebut akan segera terurai.

Baca: Kemacetan Parah di Jalan Bintara Raya dan Sultan Agung Kranji Jelang Salat Tarawih

"Ada empat titik yang rawan terjadinya penumpukan kendaraan yaitu lokasi depan Polres Metro Jakarta Utara/depan Kantor Wali Kota Jakarta Uta, putaran balik Bogasari/Airin, putaran balik Plumpang dan putaran balik Artha Gading, Simpang Lima Semper, dan Tugu," kata Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad, Rabu (16/5/2018).

Sebagai solusi jangka pendek mengurai kemacetan, di antaranya dengan menambah petugas dalam mengatur lalu lintas, rekayasa lalu lintas, membuka separator dan pemberlakuan waktu operasi kendaraan besar.

Baca: Ada Aksi Bakar Ban, Jalan Arteri Pondok Indah Sempat Macet

"Kami harus segera melakukan terobosan untuk mengatasi kemacetan di wilayah Jakarta Utara. Sejauh itu memungkinkan secara teknis maka bisa segera ditindak lanjuti. Mari kita bersama-sama mencari jalan keluarnya," Kata Husein.

Sementara itu solusi lainnya yang akan diambil meliputi peninjauan tarif tol akses Tanjung Priok, penambahan kapasitas parkir di pelabuhan, hingga peningkatan koordinasi yang erat antara Polantas, Dishub dan operator tol dalam hal buka tutup pintu masuk tol.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help