Masjid Istiqlal Habiskan Dana Rp 3 Miliar Untuk Kegiatan di Bulan Ramadhan

MASJID Istiqlal telah melakukan persiapan menjelang ibadah puasa tahun ini. Persiapan tesebut bahkan dilakukan jauh-jauh hari.

Masjid Istiqlal Habiskan Dana Rp 3 Miliar Untuk Kegiatan di Bulan Ramadhan
WARTA KOTA/RANGGA BASKORO
Kepala Bagian Protokoler Masjid Istiqlal, Abu Hurairah saat ditemui di Masjid Istiqlal, Rabu (16/5). 

MASJID Istiqlal telah melakukan persiapan menjelang ibadah puasa tahun ini. Persiapan tesebut bahkan dilakukan satu bulan sebelum penetapan tanggal 1 Ramadhan oleh Kementerian Agama.

Salah satu di antarannya adalah melakukan tender terkait makanan yang biasanya akan dibagikan kepada masyarakat saat berbuka puasa.

"Sebulan sebelum puasa kami sudah menunjuk rumah makan penyedia takjil itu. Sudah ada tendernya, yang ikut tender seperti Rumah Makan Sederhana dan Koperasi Masjid Istiqlal. Kami dapat jatah 700 boks makanan setiap harinya. Jatahnya setiap rumah makan maksimal 1.000 paket untuk menghindari rasa makanan yang hambar," ucap Kepala Bagian Protokoler Masjid Istiqlal, Abu Hurairah saat ditemui di Masjid Istiqlal, Rabu (16/5/2018).

Seperti pada tahun sebelumnya, akan ada sekitar 3.000 boks paket takjil yang akan dibagikan kepada masyarakat saat berbuka puasa. Satu paket berisi makanan seperti nasi, lauk pauk, buah qurma, minuman dan kue-kue.

"Bagi-bagi takjil ini program andalan Masjid Istiqlal setiap tahun. Di hari biasa akan kami siapkan 3.000 paket makanan. Hari Jumat, Sabtu dan Minggu sampai 6.000 paket," ujarnya.

Paket sebanyak 3.000 boks diprediksi tak mencukupi untuk dibagikan kepada masyarakat. Oleh sebab itu, pihak Istiqlal akan sangat berterimakasih apabila ada masyarakat yang juga membagikan takjil nantinya.

"Biasanya 3.000 boks itu biasanya kurang, karena masyarakat yang datang itu banyak sekali. Biasanya ada juga masyarakat yang datang langsung untuk memberikan makanan. Kalau paket dari kami sudah habis, masyarakat lain yang akan kasih," tuturnya.

Total dananya sendiri diperkirakan Abu mencapai Rp 3 Miliar termasuk dalam menyelenggarakan rangkaian acara, biaya takjil, makanan sahur, transportasi, membayar penceramah dan kegiatan lainnya di bulan Ramadhan.

"Dananya biasa dari sumbangan masyarakat. Ada yang dari pribadi, instansi pemerintah, perusahaan swasta dan bank-bank swasta. Jumlahnya saya kurang tahu, yang jelas untuk bulan Ramadhan saja, kami anggarkan sebesar Rp 3 miliar," ungkap Abu.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help