BBG

Jack-Up Dukung Pengendalian Pencemaran Udara

"Konverter kit harganya nggak murah, bisa Rp 15 juta-18 juta. Sementara ada selisih harga yang lumayan antara BBM khususnya premium dengan BBG,

Jack-Up Dukung Pengendalian Pencemaran Udara
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (ketiga dari kanan) menghadiri peluncuran Jakpro Gas Converter Kit Utilization Program (Jack-Up) di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (16/5/2018). 

KELAPAGADING, WARTA KOTA---PT Jakarta Utilitas Propertindo (JUP) meluncurkan Jakpro Gas Converter Kit Utilization Program (Jack-Up), di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (16/5/2018).

Program yang dilakukan anak perusahaan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) itu sebagai dukungan terhadap pengendalian pencemaran udara melalui konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG).

Direktur Utama PT JUP Chairul Hakim mengatakan, program Jack-up terinspirasi dari skema DP Nol Rupiah.

Skema itu memberikan konverter kit kepada para pemilik kendaraan agar bisa memanfaatkan BBG.

"Konverter kit harganya nggak murah, bisa Rp 15 juta-18 juta. Sementara ada selisih harga yang lumayan antara BBM khususnya premium dengan BBG," ucap Chairul saat peluncuran Jack-Up di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (16/5/2018).

Baca: PT Jakpro Patok Tarif LRT Rp 10.000 per Orang

Menurut Chairul, saat ini BBM jenis premium dibandrol Rp 6.550 per liter. Harga ini lebih mahal dibandingkan BBG seharga Rp 3.100 per liter.

Menanggapi kondisi tersebut, pihaknya memberikan konverter kit dengan konsekuensi harga BBG sedikit lebih mahal.

"Jadi harga Rp 3.100 + Rp 1.500 = Rp 4.600 dengan penghematan Rp 1.950 per liter. Kita manfaatkan peluang, selisihnya kita ambil sebagian untuk biaya konverter. Sisanya dikembalikan bagi pengemudi," katanya.

Berdasarkan skema itu, Chairul mengklaim para pengemudi yang mengikuti program Jack-Up bisa menghemat pengeluaran hingga Rp 1 juta per bulan.

Baca: Bus Listrik Bakal Terkendala Infrastruktur seperti Halnya Bus BBG

Buktinya, program yang sudah dimulai sejak tiga bulan silam itu mendapat respon positif.

"Sekarang ini sudah ada 200 kendaraan yang menggunakan konverter kit melalui program JACKUP. Kami targetkan tahun ini bisa menembus 1.000 kendaraan yang ikut program JACKUP," ucapnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved