Alasan Warga Cipinang Bertahun-Tahun Salat Tarawih di JPO Pasar Gembrong

SEJUMLAH warga Cipinang Besar Utara mengelar salat tarawih berjamaah di hari pertama diatas Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Pasar Gembrong.

Alasan Warga Cipinang Bertahun-Tahun Salat Tarawih di JPO Pasar Gembrong
WARTA KOTA/JOKO SUPRIYANTO
Warga kelurahan Cipinang Besar Utara mengelar salat tarawih diatas JPO Pasar Gembrong. Rabu (16/5). 

SEJUMLAH warga Cipinang Besar Utara mengelar salat tarawih berjamaah di hari pertama diatas Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Pasar Gembrong.

Sebelum salat isya berkumandang mereka berbondong-bondong berdatangan ke Musala Miftamul Jannah Pasar Gembrong. Tak hanya orang dewasa, sejumlah anak-anak juga sangat antusias menjalankan salat tarawih di hari pertama ini.

Walau beralaskan lantai JPO, dengan kusuk mereka menjalankan salat tarawih, bahkan banyak diantaranya membawa selembar kardus untuk dijadikan alas ketika salat di JPO.

Dikatakan salah seorang warga RT 12 Tasbi (30) mengatakan bahwa dirinya melaksanakan salat tarawih di atas JPO menginggat Musala Miftamul Jannah Pasar Gembrong yang terletak di Jalan Basuko Rachmat, Jakarta Timur tidak dapat menampung seluruh jamaah yang hadir untuk menunaikan salat.

Warga kelurahan Cipinang Besar Utara mengelar salat tarawih diatas JPO Pasar Gembrong. Rabu (16/5).
Warga kelurahan Cipinang Besar Utara mengelar salat tarawih diatas JPO Pasar Gembrong. Rabu (16/5). (WARTA KOTA/JOKO SUPRIYANTO)

"Karena memang di musala sendiri tidak muat untuk menampung jamaah jadi kami gunakan JPO untuk tempat salat," kata Tasbi, Rabu (16/5/2018).

Selain itu, salat diatas JPO Pasar Gembrong ini tidak kali pertama dilakukan warga sekitar. Namun hal itu sudah berlangsung lama.

Menurutnya lokasi tempat salat yang terdekat dari RT 12 sendiri hanya di Musala ini, untuk itu banyak warga lebih memanfaatkan musala tersebut untuk salat berjamaah.

"Masjid ada beberapa tapi emang jauh, jadi kebanyakan warga lebih memilih musala ini karena lebih deket," katanya.

Selain itu, Wiwid (40) mengungkapkan bahwa musala Musala Miftamul Jannah Pasar Gembrong satu-satunya yang dimiliki warga sekitar area Pasar Gembrong.

"Karena lebih deket, dan satu-satunya jadi lebih memilih ke sini jadi gak jauh, ditambah bentar lagi ini semua mau digusur bentar lagi," ucapnya.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help