Home »

Bisnis

» Mikro

Ketika Dokter Spesialis Buka Lapangan Kerja Melalui Kreasi Kerajinan Tangan

Keprihatinannya sebagai dokter SpOG menangani penyakit yang diderita pasiennya, akhirnya menciptakan lapangan kerja padat karya.

Ketika Dokter Spesialis Buka Lapangan Kerja Melalui Kreasi Kerajinan Tangan
Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Meity Elvina 

WARTA KOTA, PALMERAH---Bermula dari keprihatinannya sebagai dokter spesialis obstetri dan ginekologi (SpOG) menangani penyakit yang diderita pasiennya, akhirnya tercetus ide untuk menciptakan lapangan kerja padat karya.

Itulah sekilas langkah yang diwujudkan Meity Elvina (39) dalam membangun usaha padat karya berupa aneka kerajinan tangan dengan label Athirah Handycraft.

Perempuan kelahiran Medan, 15 Mei 1979, itu mengatakna, ia tergerak membuat wadah usaha padat karya karena saking kerap menangani pasien yang mengidap penyakit menular seksual.

Baca: Pengelolaan Sampah Jakarta Agar Padat Karya

"Karena pasien saya wanita pastinya banyak juga curhat dong. Banyak dari mereka (mengidap penyakit menular seksual) karena berhubungan dengan mencari makan. Kalau saya hanya bergerak di hilir sebagai pengobat penyakit enggak selesai-selesai. Saya mencoba cari solusi harus membuka lapangan kerja," kata Meity kepada Warta Kota ditemui di ajang International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Sudah satu tahun ini Meity membuka lapangan kerja padat kerja berupa usaha kecil menengah (UKM) dengan membuat aneka kerajinan tangan berupa gift dan dekorasi rumah.

Baca: Pelemahan Rupiah Makin Menyulitkan Sektor UMKM

Produk kreasinya, di antaranya sabun herbal, aneka bunga dengan aroma terapi, dan beragam dekorasi rumah.

Meity mengatakan, untuk produk sabunnya, dibuat dari bahan-bahan yang mengandung kearifan lokal.

Misalnya minyak kelapa murni, zaitun, dan minyak atsiri yang kini pembudidayaan dan proses penyulingannya telah dilakukan sendiri juga.

Baca: Ojol Minta Pemkot Bekasi Bangun Sentra UMKM di Titik Penjemputan Penumpang

"Jadi sekarang UKM saya juga meliputi UKM agribisnis. Saya pembudidaya tanaman atsiri. Ada 16 tanaman atsiri yang saya budidayakan seperti lavender, mawar, melati, akar wangi, sereh, kunyit, dan lainnya," kata Meity.

Sedangkan untuk kreasi bunga, Meity terinspirasi dari membuat bunga dari bahan kue tepung foundant. Misalnya wujudnya bunga mawar, tulip, lili, anggrek, carnation, dan Daisy.

Halaman
123
Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help