Boni Hargens: Partai Oposisi Kehilangan Rasionalitas, Sehingga Memainkan Politik Identitas

Politik identitas, kata Boni, sangat kencang dilakukan saat Pilkada DKI Jakarta 2017 hingga saat ini.

Boni Hargens: Partai Oposisi Kehilangan Rasionalitas, Sehingga Memainkan Politik Identitas
TRIBUNNEWS/ADIATMAPUTRA FAJAR PRATAMA
Boni Hargens 

PENGAMAT politik Boni Hargens menilai partai politik (parpol) oposisi pemerintahan saat ini sudah kehilangan rasionalitas dalam berpolitik, sehingga diharapkan ke depan tidak memainkan isu-isu SARA.

"Partai oposisi ini kehilangan rasionalitas, visi dan misinya, sehingga mereka ribut dengan hal-hal sepele, mereka memainkan politik identitas," ujar Boni dalam diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (12/5/2018).

Politik identitas, kata Boni, sangat kencang dilakukan saat Pilkada DKI Jakarta 2017 hingga saat ini, di mana waktu itu salah satu calon terus disudutkan karena beretnis Tionghoa dan beragama Nasrani.

Baca: Politikus PPP: Oposisi di Malaysia Perjuangannya Jelas, di Indonesia Ikut Menikmati Kekuasaan

"Ayolah, partai politik membangun Pancasila, menjaga NKRI kita. Peran partai politik itu membangun narasi kebangsaan," tuturnya.

Boni pun melihat politikus yang saat ini berseberangan dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo, tidak memiliki rasa duka terhadap aksi narapidana kasus terorisme di Mako Brimob yang menewaskan anggota Polri.

"‎Saya melihat dia tidak berduka cita, mereka tidak mengutuk aksi di Mako Brimob itu," ucap Boni. (Seno Tri Sulistiyono)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved