Alasan Mengapa Sarapan Sangat Penting Bagi Tubuh

Sarapan sangat penting bagi tubuh karena tubuh tetap membutuhkan energi untuk bekerja bahkan saat kita tertidur.

Alasan Mengapa Sarapan Sangat Penting Bagi Tubuh
Thinkstockphotos
Ilustrasi 

WARTA KOTA, PALMERAH---Konsultan gizi klinis, Dr dr Fiastuti Witjaksono MSc SpGK, mengatakan, sarapan sangat penting bagi tubuh karena tubuh tetap membutuhkan energi untuk bekerja bahkan saat kita tertidur.

Sementara energi dalam tubuh hanya dapat bertahan dalam waktu 8-10 jam.

Saat tidur tubuh tetap menyerap energi untuk bekerja, di pagi hari, kadar gula dalam darah, glikogen dan insulin berkurang drastis.

Baca: Ini Fakta Betapa Buruknya Menu Sarapan Orang Indonesia

"Itu sebabnya tubuh terasa lemas saat terbangun. Karenanya tubuh harus mendapat asupan makanan yang bernutrisi agar bisa segera membentuk energi untuk beraktivitas sepanjang hari," kata Fiastuti beberapa waktu lalu.

Secara harafiah, kata Fiastuti, sarapan artinya memutus puasa atau buka puasa yang berlangsung kira-kira 12 jam. Bisa dibayangkan, jika tidak sarapan, tubuh akan terasa lemas.

"Jangankan mau berkreasi, mau berdiri saja malas, akhirnya lemot. Kalau anak sekolah, akibat tidak sarapan bisa tidak berkonsentrasi mendengarkan apa yang disampaikan guru," katanya.

Baca: Ini Yang Membuat Makan Mi Saat Sarapan Masih Bisa Sehat

Fiastuti mengatakan, tenaga yang utama untuk otak itu berasal dari karbohidrat. Jika asupan sarapan cukup, otak akan memberi sinyal siap melaksanakan aktivitas.

Sebaliknya, kalau tidak sarapan, otak memberi sinyal tidak siap melakukan apapun. Sinyalnya bisa berupa tanda-tanda seperti bad mood dan lain-lain.

"Sarapan itu adalah bagian pola makan yang paling penting karena dia memenuhi kebutuhan kita untuk aktivitas harian. Tanpa sarapan menyebabkan seseorang memulai hari tanpa tenaga, baik secara fisik maupun otak yang tidak bertenaga," katanya.

Dia menerangkan, porsi sarapan harus mengandung nutrisi yang cukup, minimal 25-35 persen dari total kalori harian.

Baca: Masih Banyak Anak Indonesia Tidak Sarapan, Ada Risiko Dibalik Tidak Sarapan

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help