Liga Inggris

Laga Penghormatan untuk Yaya Toure

Kontrak Yaya Toure akan berakhir di penghujung musim, setelah delapan tahun menjadi bagian dari skuad Manchester City.

Laga Penghormatan untuk Yaya Toure
KOMPAS.com/PAUL ELLIS / AFP
Gelandang Manchester City, Yaya Toure. 

YAYA Toure akan tampil menjadi starter dan mengenakan ban kapten Manchester City pada laga kandang terakhir musim ini saat menjamu Brighton & Hove Albion, Kamis (10/5/2018) dini hari WIB.

Laga di Stadion Etihad tersebut akan menjadi laga penghormatan bagi Toure.

Kontrak pemain gelandang asal Pantai Gading itu akan berakhir di penghujung musim, setelah delapan tahun menjadi bagian dari skuad Citizens.

Itu akan menjadi pertama kali Toure tampil sebagai starter di Liga Inggris musim ini.

Pemain berusia 34 tahun itu cuma bermain sebagai pengganti di sembilan laga, meskipun selalu menjadi pemain penting City pada musim-musim sebelumnya.

"Pemain membuat klub menjadi semakin besar, dan dia (Toute) salah satu pemain terbesar dalam sejarah klub ini. Tak diragukan lagi, dia salah satu pemain terpenting kami. Laga besok itu untuk (menghormati) Yaya. Saya tidak akan menilainya atas apa yang terjadi musim ini, mungkin saya membuat keputusan salah. Dia pemain hebat," ujar Guardiola, seperti dikutip Manchester Evening News.

Baca: Jose Mourinho Incar Posisi Runner-up di Liga Inggris

Sejak bergabung dengan kubu Etihad pada 2010 dari Barcelona, Toure tampil dalam 315 laga City di semua kompetisi, dan memenangi tiga gelar Liga Inggris, tiga Piala Liga, dan satu Piala FA.

Kevin de Bruyne, pemain gelandang City memuji Toure sebagai sosok yang selalu berkepala dingin dan memberi ketenangan dalam tim.

Meskipun musim ini tak banyak bermain, kehadirannya memberi pengaruh besar bagi keberhasilan Sky Blues memenangi trofi Liga Inggris dan Piala Liga.

"Ketika saya datang kemari, dia sudah menjadi bagian besar dari tim ini, bahkan tahun ini ketika dia tak bermain terlalu sering, dia tetap menjadi bagian besar itu dan seorang pemain dengan pengaruh besar," ujarnya.

Selain menjadi laga penghormatan bagi performa terakhir Toure di Etihad, City punya peluang untuk menjadikan laga itu menjadi laga monumental.

City cukup menang 2-0 atas Brighton untuk memecahan tiga rekor Liga Inggris sepanjang masa.

City akan tercatat sebagai pengoleksi gol terbanyak, yakni 104 gol. Rekor sebelumnya dipegang Chelsea, 103 gol pada musim 2009/10.

Berita Ini Juga Dimuat di KORAN SUPER BALL, Rabu (9/5/2018)

Editor: Dewi Pratiwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help