Kemendagri Berharap Ormas Bisa Menjadi Penyalur Aspirasi Warga untuk Kemajuan Bangsa

Diharapkan mereka benar-benar menjadi pranata sosial yang eksis dan menjadi penyalur aspirasi bagi masyarakat.

Kemendagri Berharap Ormas Bisa Menjadi Penyalur Aspirasi Warga untuk Kemajuan Bangsa
Warta Kota/Muhammad Azzam
Mereka diharapkan benar-benar menjadi sarana bagi pranata sosial yang baik dan eksis dan menjadi penyalur aspirasi bagi masyarakat 

WARTA KOTA, BEKASI -- Kementerian Dalaml Lo Negeri (Kemendagri) melalui Direktur Organisasi l Masyarakat (Ormas) Ditjen Polpum meminta agar organisasi kemasyarakatan (ormas) dapat menjadi pranata sosial yang mampu menyalurlan aspirasi masyarakat untuk kemajuan bangsa.

"Kita harapkan mereka benar-benar menjadi pranata sosial yang eksis dan menjadi penyalur aspirasi bagi masyarakat khususnya bagi kemajuan pembangunan di Kota Bekasi," kata Laode Ahmad Direktur Ormas Kemendagri usai sosialisasi tentang udang-undang keormasan yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kota Bekasi, di Hotel Merapi Merbabu, Jalan Cut Meutia, Bekasi Timur, Selasa (8/5/2018).

Dalam kegiatan itu, Kemendagri juga menggelar sosialisasi undang-undang keormasan ini seperti Peraturan Pemerintah (PP) nomor 58 dan 59 tahun 2016, serta Permendagri nomor 56, 57 dan 58 tahun 2017 tentang organisasi kemasyarakatan, dalam rangka meningkatkan partisipasi dan sinergitas dengan Pemerintah Daerah.

"Diharapkan, setiap ormas memahami regulasi yang ada, mereka tentu diharuskan dapat patuh dengan larangan-larangan yang digariskan dalam perundang-undangan, kemudian nantinya bagaimana mereka dapat memberdayakan kapasitas mereka dalam perspektif kebijakan organisasi mereka untuk membantu masyarakat," ujarnya.

Pihaknya juga berharap setiap ormas nantinya bisa menjadi peran serta penyalur informasi, baik event atau agenda pemerintah. Seperti hal nya event Pilkada, Asian Games, maupun kebijakan lain.

"Paling tidak mereka bisa menyalurkan informasi ke tiap-tiap anggota ormasnya, lalu kemudian selanjutnya akan tersebar lebih luas lagi," katanya.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help