VIDEO: Sandiaga Luncurkan Aplikasi Perizinan Jakevo untuk Pebisnis

pengurusan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) kini lebih mudah lewat aplikasi Jakarta Evolution (Jakevo)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno meyakinkan pengurusan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) kini lebih mudah lewat aplikasi Jakarta Evolution (Jakevo). Prosesnya dapat dilakukan langsung lewat ponsel dengan waktu yang singkat, yakni 60 menit. 

"Pengurusan Ijin SIUP dan TDP sekarang itu sangat cepat, dari semula 48 jam, Alhamdulillah sekarang dengan Jakevo yang bisa di download aplikasinya lewat smartphone, prosesnya yang semula 48 jam sekarang bisa dilakukan kurang dari satu jam," ungkapnya usai peluncuran Jakevo di Balai Agung, Balaikota, Gambir, Jakarta Pusat pada Senin (7/5/2018). 

Efisiensi yang ditawarkan dalam Jakevo sangat diapresiasinya, karena secara langsung mempermudah terbangunnya usaha yang berujung pada penciptaan lapangan pekerjaan. Hal tersebut senada dengan visi dan misi yang ditawarkannya bersama Anies Rasyid Baswedan dalam memimpin Ibukota. 

"Mudah-mudahan lewat kemudahan ini akan tercipta dan terealisasi lapangan pekerjaan yang luas," tutupnya menambahkan. 

Terpisah, Dwi Anita Mawardi salah satu pengusaha mengaku sangat terbantu dengan adanya aplikasi Jakevo. Sebab apabila dibandingkan dengan pelayanan SIUP dan TDP pada lima tahun belakangan, proses penerbitan ijin dapat berlangsung hingga berbulan-bulan dengan pungutan liar yang sangat besar. 

"Dulu itu prosesnya bisa sampai dua bulan dan cost-nya besar sekali, kita nggak tahu harus bagaimana ngurusnya, karena kita ingin cepat dan ada agen broker yang mengurusi hal itu. Tapi dengan adanya layanan online sebelumnya kita sebenarnya sudah senang, karena proses cuma dua hari, apalagi sekarang lewat aplikasi ini prosesnya bisa kurang dari satu jam," ungkapnya. 

Seperti diketahui sebelumnya, komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk dalam pengembangan usaha kembali dibuktikan lewat Jakarta Evolution (Jakevo). Aplikasi percepatan layanan perijinan online itu diungkapkan Kepala Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Edi Junaedi merupakan bentuk evolusi atas pengembangan konsep Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). 

Dijelaskannya, tujuannya dari aplikasi tersebut untuk mempercepat proses perijinan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP), yakni dari semula tiga hari menjadi satu jam. Selain itu, proses permohonan perijinan yang semula harus dilakukan di kantor PTSP kini cukup di rumah. 

"Tujuannya untuk mempercepat proses perijinan SIUP dan TDP yang sekarang sudah bisa diselesaikan dalam 60 menit. Dulu dalam waktu tiga hari. Dulu setelah registrasi pemohon harus ke ke PTSP, tetapi sekarang tidak perlu lagi karena seluruh hasil perijinan sudah dikirimkan langsung ke ponsel," ungkapnya dalam launching Jakevo di Balai Agung, Balaikota, Gambir, Jakarta Pusat pada Senin (7/5/2018). (dwi) 

Penulis: Dwi Rizki
Editor: ahmad sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help