Ini Alasan Hakim Tolak Gugatan HTI

"Menimbang bahwa karena penggugat sudah terbukti ingin mendirikan negara khilafah islamiyah di NKRI hal itu sudah dalam bentuk aksi

Ini Alasan Hakim Tolak Gugatan HTI
Warta Kota/Joko Supriyanto
Massa pendukung di luar sidang di depan gedung PTUN Jakarta, Senin (7/5), langsung membentangkan sebuah sepanduk bertuliskan 'HTI Didazalimi Bukti Rezim Anti Islam. Lanjutkan Perjuangan'. 

KETUA Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Tri Cahya Indra Permana mengatakan bahwa HTI terbukti melakukan upaya mendirikan khilafah.

Sehingga upaya Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dalam pembatalan SK pembubaran ormas ditolak. Hakim menganggap SK tersebut terbuksi sah.

"Menimbang bahwa karena penggugat sudah terbukti ingin mendirikan negara khilafah islamiyah di NKRI hal itu sudah dalam bentuk aksi bukan sebuah pemikiran," kata Hakim Ketua Tri Cahya, Senin (7/5/2018).

Menurutnya dengan cara-cara seperti itu tentunya telah melanggar atau bertentangan dengan Pancasila karena pemikiran tersebut tidak termasuk dalam pemikiran nasionalisme.

Dengan bukti-bukti yang dihadirkan bahwa majelis hakim menegaskan adanya bentuk perlawan dengan pancasila. Sehingga keluaranya SK tersebut dinilai tepat.

"Dengan uraian tersebut majelis hakim berkesimpulan HTI telah melakukan kegiatan mengembangkan penyebaean sistem pemerintahan khilafah yang bertentangan dengan pancasila," katanya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help