Kota Bekasi Punya 786 Polisi RW

Indarto mengungkapkan, polisi RW itu hasil seleksi 1.700 anggota kepolisian dari seluruh satuan kerja di Polres Metro Bekasi Kota.

Kota Bekasi Punya 786 Polisi RW
WARTA KOTA/MUHAMAD AZZAM
Polres Metro Bekasi Kota 

POLRES Metro Bekasi Kota, Jawa Barat, meresmikan program Polisi RW, Jumat (9/2/2018) lalu. Saat ini, dari 1.030 RW di 12 kecamatan dan 56 kelurahan di Kota Bekasi, sudah ada 786 polisi RW.

"Dari 1.030 RW, saat ini sudah ada 786 RW di Kota Bekasi sudah diisi polisi. Itu bertahap, nanti seluruh RW harus sudah ada polisinya," ujar Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Indarto, Minggu (6/5/2018).

Indarto mengungkapkan, polisi RW itu hasil seleksi 1.700 anggota kepolisian dari seluruh satuan kerja di Polres Metro Bekasi Kota.

Baca: Tiga Pilar Kota Bekasi Gelar Lomba RW Zero Criminal

Seleksi didasari pada perilaku baik dan domisili tempat tinggal anggota. Polisi berperilaku baik dibutuhkan karena polisi RW akan berperan dalam membina warganya dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

"Setiap 500-1.000 warga di tingkat RW akan memiliki satu polisi untuk keperluan pembinaan dan pengamanan situasi lingkungan," tuturnya.

Pengerahan polisi hingga ke tingkat RW itu merupakan bagian dari program kerja institusi Polri dalam mendekatkan masyarakat dengan kepolisian.

“Saat ini pelayanan polisi di Kota Bekasi masih belum sebanding dengan populasi masyarakatnya. 2,6 juta jiwa warga di sini hanya memiliki 1.700 polisi dan di level 56 kelurahan hanya ada 86 petugas Bhabinkamtibmas, sehingga kita perlu menghadirkan polisi hingga level terendah di tingkatan RW,” papar Kapolres. (*)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help