Babak Baru Semenanjung Korea

Rakyat Korsel Mulai Percaya pada Pemimpin Korut Kim Jong Un

Sebelum pertemuan dua pemimpin Korea, survei menunjukkan 83 persen rakyat Korsel tak suka Kim Jong Un. Usai pertemuan, 78 persen mulai percaya.

Rakyat Korsel Mulai Percaya pada Pemimpin Korut Kim Jong Un
The Korea Herald/Cheong Wa Dae
PRESIDEN Korea Selatan Moon Jae In (kiri) ketika berbicara dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Panmunjom, saat Konferensi Tingkat Tinggi kedua Korea, Jumat (27/4/2018). 

SEBUAH survei menunjukkan mayoritas rakyat Korea Selatan (Korsel) mulai percaya kepada Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.

Survei yang dirilis kanal televisi MBC pada pekan ini tersebut terjadi selepas Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea pekan lalu (27/4/2018).

KTT yang berlangsung di Panmunjom tersebut menjadi momen ketika seorang Pemimpin Korut kali pertama menginjakkan kaki di wilayah Korsel pasca-Perang Korea (1950-1953).

Dalam pertemuan dengan Presiden Korsel Moon Jae In tersebut, Kim menegaskan komitmennya dia bakal melakukan denuklirisasi.

Baca: Janji Kim Jong Un: Situs Uji Coba Nuklir Korut Ditutup Mei 2018

Dilansir Washington Post Rabu (2/5/2018), dari survei itu, 60 persen di antaranya menganggap Kim cukup dapat dipercaya. Adapun sisanya meyakini pemimpin yang berkuasa di Korut sejak 2011 tersebut sangat bisa dipercaya.

Poling yang terjadi Minggu (29/4/2018) dan Senin (30/4/2018) melalui 1.023 responden Korsel itu memaparkan 89 persen menganggap KTT berjalan dengan sukses.

Baca: Korut Hentikan Aktivitas Nuklir, Jepang Ngga Yakin Itu Terjadi

Bertolak Belakang

Hasil poling dari MBC tersebut bertolak belakang dengan survei yang dilakukan Gallup Korea sebelum KTT Antar-Korea digelar.

Jajak pendapat yang dihelat pada Maret lalu itu menunjukkan 83 persen masyarakat Korse tidak suka dengan Kim. Sementara hanya 10 persen yang mengaku suka.

Baca: Kim Jong Un Undang Pakar dan Jurnalis Asing saat Tutup Situs Nuklir Korut

Gallup Korea mengadakan jajak pendapat pada 13 dan 15 Maret kepada 1.003 responden Korsel melalui wawancara telepon. Jajak pendapat itu juga memperlihatkan 67 persen warga Korsel tidak menyukai Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Lebih lanjut, jajak pendapat MBC memperlihatkan kalau 30 persen warga Korsel berharap pertemuan Kim dan Trump bakal berjalan sangat sukses dan menghasilkan keputusan positif. (Ardi Priyatno Utomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "78 Persen Rakyat Korea Selatan Nilai Kim Jong Un Bisa Dipercaya"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help