Piala Indonesia 2018 Dibuka di Bojonegoro

Tuan rumah Persibo Bojonegoro yang tegabung di zona 10 akan menjamu tim Liga 1 Madura United.

Piala Indonesia 2018 Dibuka di Bojonegoro
Kompas.com
Jumpa pers Piala Indonesia 2018 

WARTA KOTA.COM,BOGOR - Laga perdana Piala Indonesia akan dimulai di Bojonegoro, Jawa Timur pada tanggal 8 Mei 2018.

Tuan rumah Persibo Bojonegoro yang tegabung di zona 10 akan menjamu tim Liga 1 Madura United.

“Piala Indonesia terakhir kali digelar tahun 2012. Saat itu Persibo Bojonegoro tampil sebagai juara. Tahun ini Piala Indonesia kembali kita gulirkan. Untuk penghormatan, Persibo Bojonegoro kami tunjuk sebagai tuan rumah untuk laga perdananya,” kata Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono dalam acara pembagian zona dan undian round I Piala Indonesia yang dilaksanakan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/5/2018) dikutip dari laman resmi klub.

Sementara itu PSSI memastikan tim yang keluar sebagai juara Piala Indonesia 2018 tidak akan mewakili Indonesia di ajang Piala AFC tahun depan.

Hal itu diutarakan Ratu Tisha Destria selaku sekretaris jenderal PSSI dikutip dari goal.com.

Alasannya karena saat ini PSSI baru memberikan usulan kepada AFC untuk mlakukan verifikasi terhadap kompetisi Piala Indonesia itu sendiri.

"Jadi saat ini Piala Indonesia ibaratnya baru bangun. Jadi AFC pun harus melakukan verifikasi dulu, apakah turnamen ini memang layak juaranya akan datang, sudah kita lakukan submission ke AFC-nya untuk menunggu apakah ini turnamennya layak disetujui untuk juaranya lanjut ke Piala AFC," kata Tisha.

Baca: Arsenal Hadapi Ujian Berat di Kandang Atletico Madrid

Selain itu, Piala Indonesia juga terbentur dengan jadwal akhir turnamen yang diperkirakan bakal tuntas pada Januari 2019.

Sementara batas akhir pendaftaran klub peserta Piala AFC tahun depan yaitu bulan Desember 2018.

Tisha juga menuturkan jadwal main Piala Indonesia cenderung fleksibel, banyak menyesuaikan jadwal pertandingan tim yang bersangkutan.

Termasuk saat Agustus nanti tidak akan ada pertandingan yang digelar karena ada Asian Games 2018.

"Jadi ini adalah turnamen uji cobanya PSSI. Untuk tahun 2019 baru juaranya ke AFC," tegasnya.

"Itu hanya main sebulan sekali, tim itu dari sekarang sampai babak terakhir itu total hanya main 11 kali. Jadi kalau kita rinci sampai Januari, dia maksimal main dua kali sebulan. Agustus tidak main, mungkin awal-awal ada, tapi menuju Asian Games-nya tidak," pungkasnya.

Editor: Dewi Pratiwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved