Jumlah Peserta OK OCE Tembus 32 Ribu, Baru 92 Orang yang Dapat Modal

Walau meningkat sangat signifikan dibandingkan kuartal pertama 2018, jumlah peserta yang mencapai P7 atau permodalan, baru 92 orang.

Jumlah Peserta OK OCE Tembus 32 Ribu, Baru 92 Orang yang Dapat Modal
istimewa
ok oce 

JUMLAH anggota program pembinaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (OK OCE), mencapai 32 ribu peserta hingga Kamis (3/5/2018) pagi.

Walau meningkat sangat signifikan dibandingkan kuartal pertama 2018, jumlah peserta yang mencapai P7 atau permodalan, baru 92 orang.

Rendahnya lulusan pelatihan yang dikenal Tujuh Langkah Pasti Sukses atau 7 Langkah Pas, kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perdagangan (KUKMP) Irwandi, lantaran para peserta harus menjalani pelatihan yang digelar secara rutin oleh Pembina OK OCE di setiap kecamatan.

Baca: Bank Dunia dan IMF Bertemu di Bali Oktober Mendatang, Indonesia Siapkan Sepeda Listrik

Pelatihan tersebut berisi 7 Langkah Pas, antara lain dimulai dari P1 atau Pendaftaran dengan mengisi formulir dalam situs okoce.me, serta memilih kategori minat, yakni Ingin Bekerja, Ingin Memulai Usaha, dan Meningkatkan Usaha. Selanjutnya adalah P2 atau Pelatihan, para peserta akan diberikan keterampilan hingga manajemen keuangan untuk mengelola usaha.

Langkah berikutnya adalah P3 atau Pendampingan. Setiap anggota OK OCE akan direkrut ke dalam OK OCE Center yang berisi Komunitas Penggerak untuk memasarkan produk. Lulus P3, anggota OK OCE akan menjalani P4 atau Perizinan, sehingga seluruh unit usaha hingga produk resmi, terdaftar.

"Langkah selanjutnya adalah P5-Pemasaran, P6-Pelaporan Keuangan, dan terakhir P7, yaitu permodalan. Mereka yang mencapai Permodalan ini sudah lulus P6. Karena bicara soal modal, harus ada pengembalian, kemampuan ini yang dilihat dari anggota OK OCE," jelasnya saat dihubungi pada Kamis (3/5/2018).

Baca: Laga Persija Kontra Persib Ditunda, Tagar PersijaTakutKalah Berkumandang di Twitter

Oleh karena itu, walau baru ada 92 peserta yang menerima permodalan hingga kuartal kedua 2018, Irwandi optimistis jumlah penerima modal akan terus bertambah. Sebab, beriringan dengan gelombang pendaftaran anggota OK OCE baru, peserta secara otomatis akan naik tingkat dalam menyelesaikan 7 Langkah Pas.

"Yang permodalan baru kemarin di Kecamatan Cempaka Putih, total ada 92 orang. Mereka mendapatkan modal Rp 10 juta dengan bunga tujuh persen dari Bank DKI," paparnya.

Terkait perkembangan program OK OCE, pihaknya akan melaporkan hasil pelaksanaan tugas dalam Rapat Evaluasi Monitoring OK OCE kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno, di Ruang Rapat Wakil Gubernur DKI Jakarta, Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (3/5/2018) siang. (*)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help