Hari Buruh

Buruh Transportasi Deklarasikan Dukung Jokowi di May Day

Buruh Transportasi mendeklarasikan dukungan terhadap Jokowi di perayaan May Day.Hal itu pun dilakukan terang-terangan.

Buruh Transportasi Deklarasikan Dukung Jokowi di May Day
WARTA KOTA/DWI RIZKI
Masyarakat Buruh Transportasi Nasional (MBTN) menggelar aksi di Pintu Barat Daya Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa (1/5/2018). Mereka membagikan bunga plastik berwarna-warni sebagai simbol kebahagian perayaan May Day. 

HARI Buruh Internasional atau May Day dirayakan hari ini, Selasa (1/5/2018) tidak hanya diwarnai dengan penolakan atas kebijakan pemerintah yang tidak memihak kepada kaum buruh.

Pendapat berbeda justru disampaikan oleh Masyarakat Buruh Transportasi Nasional (MBTN).

Para buruh yang menggelar aksi di Pintu Barat Daya Monumen Nasional (Monas) itu terlihat menggelar spanduk bertuliskan ucapan Selamat Hari Buruh. Pada bagian kanan, terpampang wajah Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo dengan kalimat Jokowi Saja #DILAN_jutkan2019.

Tidak banyak orasi yang terdengar, para buruh yang didominasi kaum perempuan itu hanya bernyanyi dan menari.

Mereka kemudian membagikan bunga plastik berwarna-warni kepada pengendara jalan yang melintas di Jalan Majapahit dan sekitar Halte Harmoni, Gambir, Jakarta Pusat.

Aksi tersebut diungkapkan Kordinator Lapangan MBTN, Cecep Handoko sengaja digelar bukan hanya merayakan Hari Buruh Nasional, tetapi juga sebagai bentuk dukungan terhadap kepemimpinan Jokowi-JK.

Lewat aksi itu, buruh transportasi se-Jabodetabek katanya juga secara langsung menetapkan pilihan agar Jokowi menjadi Calon Presiden Republik Indonesia dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

"Selain untuk merayakan May Day, aksi simpatik yang digelar oleh buruh transportasi se-Jabodetabek ini sekaligus untuk menetapkan pilihan kami untuk Calon Presiden RI 2019-2024 kepada bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi). Nanti saat deklarasi relawan untuk pasangan calon rencananya kami akan meminta pak Jokowi secara langsung untuk hadir dalam peresmian," ungkapnya ditemui di sela-sela aksi.

Terkait nama relawan, para buruh diungkapkannya belum menetapkan nama secara resmi. Namun, nama 'Jokowi Saja' layaknya yang tercetak pada kaos buruh menurutnya sudah tepat.

"Nama relawannya Jokowi Saja, simpel biar gampang diingat dan melekat. Karena kalau yang susah nantinya orangtua suka lupa, karena kita di sini (MBTN) banyak orang muda, banyak orang tuanya juga," ungkapnya tertawa.

"Tapi sekali lagi, selamat Hari Buruh, jadikan hari buruh sebagai tonggak perjuangan hak-hak buruh sekaligus mengenang perjuangan kaum buruh sebelumnya, dan kita dukung pak Jokowi untuk selalu ada di pihak buruh dan memberikan kesejahteraan untuk para buruh," tutupnya menambahkan.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved