Hari Buruh

Buruh, PKL dan Warga Mulai Penuhi Kawasan Patung Kuda Monas

Bersamaan dengan penurunan puluhan bendera, pedagang tidak kalah sibuk melayani pesanan yang tiba.

Buruh, PKL dan Warga Mulai Penuhi Kawasan Patung Kuda Monas
WARTA KOTA/DWI RIZKI
Suasana kawasan Patung Kuda, selatan Monumen Nasional (Monas), Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (1/5/2018). 

HARI Buruh Internasional alias May Day mulai terasa geliatnya. Ribuan buruh yang datang bersusulan mulai berbaur dengan Pedagang Kaki Lima (PKL) serta warga di kawasan Patung Kuda, selatan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (1/5/2018) pagi.

Ramainya suasana terlihat sejak pukul 07.00 WIB. Mobil orasi milik Garda Metal, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) yang terparkir di depan gerbang Selatan Monas, mulai memainkan musik bernada pergerakan. Lagu milik Superman is Dead, Iwan Fals, hingga Souljah menambah semangat suasana.

Bersamaan dengan penurunan puluhan bendera, pedagang tidak kalah sibuk melayani pesanan yang tiba. Para buruh dan warga berkumpul dan duduk lesehan di atas trotoar dan sisi jalan Pintu Selatan Monas.

Baca: Buruh Bersiap Berunjuk Rasa, Lansia Asyik Senam di Monas

Petugas keamanan terlihat mulai sibuk mengisi pos di simpang Patung Kuda. Rombongan Karnaval Rakyat Pekerja Indonesia yang diramaikan oleh Konfederasi Rakyat Pekerja Indonesia (KRPI) mulai berdatangan.

Ribuan peserta yang KRPI yang berasal dari Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI), Federasi Pekerja Pos Logistik Indonesia (FPPLI), Federasi Pekerja Pelabuhan Indonesia (FPPI), Komite Nusantara Aparatur Sipil Negara (KNASN), Federasi Serikat Buruh Indonesia (FSBI), melintas di Jalan Medan Merdeka Barat dari arah Istana Negara menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Walau begitu, belum terlihat adanya rekayasa lalu lintas. Arus kendaraan di Jalan Lingkar Monas masih dibuka. Begitu juga dengan Bus Transjakarta, seluruhnya masih beroperasi walau harus melambat saat bersinggungan dengan rombongan buruh. (*)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved