Hari Buruh

Buruh Bersiap Berunjuk Rasa, Lansia Asyik Senam di Monas

Pemandangan tersebut sangat kontras dengan kehadiran sejumlah buruh yang terlihat bersantai menikmati kopi dan rokok di sisi luar Monas.

Buruh Bersiap Berunjuk Rasa, Lansia Asyik Senam di Monas
WARTA KOTA/DWI RIZKI
Puluhan lansia dari Yayasan Jantung Indonesia senam bersama di area parkir Ikatan Restoran dan Taman Informasi (Irti), selatan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (1/5/2018) pagi. 

TIDAK memedulikan hiruk pikuk ratusan petugas gabungan yang berjaga mengawal peringatan Hari Buruh alias May Day pada Selasa (1/5/2018) hari ini, puluhan lansia justru asyik berolahraga di area parkir Ikatan Restoran dan Taman Informasi (Irti), selatan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat.

Kompak mengenakan seragam putih merah, para lansia yang berasal dari Yayasan Jantung Indonesia itu terlihat gesit melenggak lenggok mengikuti alunan musik dan koreografi seorang instruktur. Pemandangan tersebut sangat kontras dengan kehadiran sejumlah buruh yang terlihat bersantai menikmati kopi dan rokok di sisi luar Monas.

Usai menyelesaikan sesi aerobik yang diakhiri dengan gerakan pendinginan, mereka pun berdoa bersama. Dalam kesempatan tersebut mereka berdoa agar selalu dianugerahi kesehatan dan kebugaran oleh Tuhan.

Baca: Massa #2019GantiPresiden Intimidasi Kelompok Berkaus #DiaSibukKerja Saat Car Free Day

"Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kebugaran bagi kita semua," harap seorang instruktur mengamini doa dengan meneriakan 'Jantung Sehat', yang dibalas peserta senam dengan kalimat 'Kita Bisa'.

Aksi yang sudah terlihat sejak pukul 06.00 WIB itu, kata Isma (58) yang merupakan salah satu peserta senam, memang sengaja digelar setiap Selasa dan Kamis pagi. Apalagi, katanya, May Day merupakan hari libur nasional, sehingga banyak peserta Jantung Sehat Indonesia yang dapat menyempatkan diri hadir.

"Senam memang setiap hari ini sama Kamis, Sabtu juga. Kalau demo kan itu urusan orang muda aja, kita yang udah tua harapannya supaya semuanya aman aja. Biar tertib aja semua," paparnya usai senam bersama.

Baca: Polisi Bentuk Tim Selidiki Intimidasi Massa Kaus #2019GantiPresiden Terhadap Kelompok #DiaSibukKerja

Karena menurutnya, tidak ada yang lebih penting dibandingkan dengan kesehatan. Dirinya justru berharap agar petugas keamanan dapat memperhatikan keselamatan buruh yang bakal memenuhi lingkar Monas, sehingga bukan hanya mengamankan, tetapi juga memberikan makan dan minum kepada mereka.

"Kalau bisa buruhnya itu dirangkul, dikasih makan sama minum. Kan kalau perut kenyang pasti semuanya aman," ucapnya tertawa. (*)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help