Hari Buruh

10 Tahun Tak Kunjung Diangkat Jadi PNS, Ratusan Satpol PP dari Lampung Ikut Aksi May Day di Jakarta

Mayoritas dari mereka merupakan pekerja kontrak atau bahkan pegawai harian lepas (PHL) dari pemda-pemda yang ada di Indonesia.

10 Tahun Tak Kunjung Diangkat Jadi PNS, Ratusan Satpol PP dari Lampung Ikut Aksi May Day di Jakarta
WARTA KOTA/RANGGA BASKORO
Ratusan petugas Satpol PP dari Kabupaten Pringsewu, Lampung, ikut aksi May Day di Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (1/5/2018). 

AKSI May Day di Jakarta hari ini diprediksi diikuti 1 juta orang yang datang dari berbagai daerah. Mereka yang datang memiliki profesi yang berbeda.

Meski begitu, mayoritas dari mereka merupakan pekerja kontrak atau bahkan pegawai harian lepas (PHL) dari pemda-pemda yang ada di Indonesia.

Sembiko (29) misalnya, petugas Satpol PP dari Kabupaten Pringsewu, Lampung ini berangkat bersama ratusan petugas Satpol PP lainnya pada pukul 17.00 kemarin. Mereka tiba di Jakarta pada pukul 03.00 WIB dini hari tadi.

Ratusan petugas Satpol PP dari Kabupaten Pringsewu, Lampung, ikut aksi May Day di Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (1/5/2018).
Ratusan petugas Satpol PP dari Kabupaten Pringsewu, Lampung, ikut aksi May Day di Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (1/5/2018). (WARTA KOTA/RANGGA BASKORO)

Ratusan petugas Satpol PP Pringsewu datang membawa harapan agar pemerintah bisa segera mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) Aparatur Sipil Negara (ASN) Nomor 5 Tahun 2014.

"Saya sudah 10 tahun jadi petugas Satpol PP. Teman saya ada yang sudah 15 tahun, tapi sampai sekarang enggak diangkat-angkat jadi PNS," ungkap Sembiko di Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (1/5/2018).

Bahkan, Sembiko mengaku digaji di bawah standar UMP daerah Lampung sebesar Rp 1,6-Rp 1,7 juta. Hal itu juga dialami oleh teman-temannya.

Baca: PRT Manfaatkan Hari Buruh untuk Tuntut Upah Layak dan Perlindungan Hukum

"Gajinya di bawah UMP, Rp 600 ribu -Rp 1 juta," katanya.

Tak hanya Sembiko, Supardi (51), staf honorer di SMPN 5 Bandung, juga berharap Pemerintah Indonesia bisa segera mengesahkan RUU ASN agar petugas honorer yang telah berbakti selama lebih dari 15 tahun bisa segera diangkat menjadi PNS.

"Sudah berkali-kali tes, tapi gagal. Saya sebentar lagi pensiun, tapi belum juga diangkat jadi PNS," keluh Sembiko. (*)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved