Protes TKA China dan Kenaikan Harga BBM Jadi Tema Demonstrasi Buruh

Peringatan hari buruh ini nantinya akan diikuti hampir satu juta buruh di 25 provinsi dan 200 kabupaten atau kota.

Protes TKA China dan Kenaikan Harga BBM Jadi Tema Demonstrasi Buruh
Warta Kota/istimewa
Kenaikan harga BBM yang menimbulkan demonstrasi massal oleh PDIP secara besar-besaran, di antaranya dipimpin oleh Adian Napitupulu, Rieke Diah Pitaloka, dan Puan Maharani. 

WARTA KOTA, GAMBIR -- Peringatan Hari Buruh Internasioal yang jatuh pada 1 Mei 2018 nantinya akan diwarnai aksi demonstrasi besar-besaran para buruh.

Adapun titik demostrasi yaitu depan Istana Merdeka.

Peringatan buruh ini nantinya akan diikuti hampir satu juta buruh di 25 provinsi dan 200 kabupaten atau kota di seluruh Indonesia.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal mengatakan untuk aksi di Istana Merdeka, Jakarta, akan ada 150 ribu buruh se-Jabodetabek plus Serang, Karawang, dan Purwakarta.

Adapun titik kumpul aksi di Patung Kuda Indosat, dimulai sekitar pukul 10.00 pagi. Setelah itu massa aksi akan long march ke Istana Presiden.

"Aksi di Istana Presiden sampai dengan pukul 13.00. Pada pukul 13.00, massa aksi akan bergerak ke Istora Senayan untuk merayakan May Day sekaligus deklarasi calon presiden RI 2019 - 2024 yang akan di pilih dan di dukung buruh Indonesia," kata Said Iqbal dalam keterangan yang diterima oleh Wartakotalive, Senin (30/4/2018).

Dalam kesempatan tersebut pihaknya
melakukan deklarasi dukungan kepada Prabowo untuk berlaga dalam Pilpres 2019. Nantinya Prabowo harus menandatangani kontrak politik sebagai syarat mendapatkan dukungan dari KSPI.

"Pak Prabowo sudah bersedia menandatangani kontrak politik tersebut dalam deklarasi dukungan pada peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei 2018," katanya.

Selain itu menurutnya aksi May Day juga serempak di lakukan di seluruh Indonesia, seperti Surabaya 50 ribu buruh se Jawa Timur di depan kantor gubernur, 15 ribu buruh se Jawa Tengah di depan kantor gubernur, 15 ribu buruh se Kepulauan Riau di depan kantor walikota Batam, 2 ribu buruh Aceh, 10 ribu buruh Sumatera Utara, ribuan buruh Jawa Barat, dan lain-lainnya akan melakukan aksi di depan kantor gubernur masing masing. (JOS)

Tuntutan yang akan di suarakan kaum buruh dalam aksi May Day tersebut adalah TRITURA PLUS, yaitu tiga tuntutan buruh dan rakyat :

1. Turunkan harga beras, listrik, BBM --- Bangun ketahanan pangan dan ketahanan energi...

2. Tolak upah murah --- Cabut PP Nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan --- jadikan KHL 84 item.

3. Tolak TKA buruh kasar dari China --- Cabut Pepres Nomor 20 tahun 2018 ttg TKA

Plusnya adalah Hapus Outsourcing dan Pilih presiden RI 2019 yang pro buruh.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help