Pertama Kali Kardinal Katolik Kunjungi Arab Saudi, Ini Hasilnya

Kunjungan Kardinal Tauran dan delegasinya diterima langsung oleh Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud di Istana al-Yamamah.

Pertama Kali Kardinal Katolik Kunjungi Arab Saudi, Ini Hasilnya
AFP/Etidal/Kompas.com
KARDINAL Katolik Roma Jean-Louis Tauran (duduk), disambut di Riyadh oleh para petinggi negara Arab Saudi, Rabu (18/4/2018). 

UNTUK pertama kalinya, Kerajaan Arab Saudi menerima kedatangan seorang tokoh senior Katolik Roma sekaligus Presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antar-agama di Vatikan, Kardinal Jean-Louis Pierre Tauran.

Kunjungan Tauran dan delegasinya diterima langsung oleh Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud di Istana al-Yamamah pada Rabu (18/4/2018) lalu.

Dilansir dari Al Arabiya, selama pertemuan tersebut, kedua negara membahas pentingnya peran umat beragama dan budaya dalam menghalau konflik kekerasan, ekstremisme, dan terorisme untuk mencapai keamanan dunia.

Usai berkunjung ke Saudi, Tauran pada Jumat (27/4/2018) menyampaikan hasil kunjungan berjumpa dan berdialog dengan petinggi Saudi tersebut.

Baca: MBS: Arab Saudi Ngga Punya Masalah dengan Orang Yahudi

Business Insider mengutip dari Reuters mewartakan, Tauran menyampaikan kepada Pemerintah Saudi bahwa umat Kristen tidak dapat dianggap sebagai warga negara kelas dua.

"Saya pikir, semua agama dihadapkan pada dua bahaya, yaitu terorisme dan ketidakpedulian," katanya kepada Vatican Radio.

"Selama pertemuan, saya sangat menekankan pada titik, di mana orang Kristen dan non-Muslim dibicarakan dengan baik di sekolah dan mereka tidak akan pernah dianggap warga kelas dua," ucapnya.

Kehadiran Tauran juga disambut oleh Menteri Dalam Negeri Saudi Pangeran Abdulaziz bin Saun bin Naif bin Abdulaziz, Sekjen Liga Muslim Dunia Mohammed bin Abdul Kareem Al-Issa, dan Menteri Luar Negeri Adel al-Jubeir, serta sejumlah petinggi Saudi lainnya.

Arab News melaporkan, Pangeran Abdulaziz dan Kardinal Tauran telah menandatangani perjanjian kerja sama kedua pihak. Tauran juga memuji upaya Liga Muslim Dunia (MWL) untuk memperkuat hubungan dan membangun jembatan antar-agama.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help