JPO Kekinian yang Ramah Disabilitas Malah Belum Masuk APBD 2018

JPO Kekinian yang digaungkan ramah disabilitas itu justru belum masuk dalam APBD DKI Jakarta tahun 2018.

JPO Kekinian yang Ramah Disabilitas Malah Belum Masuk APBD 2018
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
ILustrasi. Banyak JPO tidak ramah untuk warga apalagi untuk penyandang disabilitas. 

WARTA KOTA, BALAI KOTA -- Rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk merevitalisasi sebanyak 11 buah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin terkendala dalam anggaran.

Pasalnya, JPO Kekinian yang digaungkan ramah disabilitas itu justru belum masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta tahun 2018.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno ketika disinggung mengenai pembiayaan tiga JPO Kekinian yang ditargetkan selesai sebelum gelaran Asian Games 2018 mendatang, yakni JPO Ratu Plaza, Polda Metro Jaya dan JPO Gelora Bung Karno (GBK).

Suami Nur Asia itu menyebut sumber pendanaan masih menunggu keputusan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

"Keputusannya setelah mendapat arahan dari pak Gubernur. Apakah memberatkan APBD atau tidak, kalau memberatkan bisa kemitraan dengan swasta. Kita lihat nanti, tunggu arahan beliau," ungkapnya ditemui di Balaikota, Gambir, Jakarta Pusat pada Senin (30/4/2018).

Sementara itu, walau tidak dijawab secara langsung, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Yusmada Faisal menyebutkan pembangunan JPO belum dapat dilakukan.

Pasalnya, kewenangan pengelolaan JPO dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta kepada Dinas Bina Marga DKI Jakarta berada pada anggaran tahun berjalan 2017, sehingga transisi anggaran belum dilakukan.

Hal tersebut ditunjukkannya lewat mangkraknya JPO Pasar Minggu, Pasar Minggu, Jakarta Selatan sejak September 2016 tidak kunjung dibangun.

Karena itu, walau pembangunan JPO Pasar Minggu telah masuk dalam rencana kerja sejak tahun 2017, proyek belum dapat dilakukan hingga saat ini.

"Kewenangan sebatas pengalihan otoritas, anggarannya belum transisi. Masih direncanakan, sabarlah," ungkapnya enteng dihubungi pada Senin (30/4/2018).

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved